Sempat Vakum 30 tahun, Porbi Lasi Kembali Basmi Hama Babi

  • Bagikan

AMCnews.co.id – Persatuan Olahraga Buru Babi (Porbi) Nagari Lasi, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, menggelar Porbi se-Provinsi Sumatera Barat, Riau dan Jambi, Minggu (7/4).

Kegiatan yang dibuka Camat Canduang, Fauzi ini, digelar dalam rangka mengatasi berkembangnya hama babi, yang dapat mengancam pertanian masyarakat di wilayah tersebut.

Fauzi via ponsel mengatakan, kegiatan ini diikuti sekitar seribuan peserta yang berasal dari Sumatera Barat, Riau dan Jambi. Peserta membawa anjing peliharaannya yang sudah terlatih dalam hal ini.

“Anjing dilepas apabila sudah ada aba-aba dari muncak. Porbi dilakukan untuk memberantas hama babi tanpa senjata api,” ujarnya.

Menurut Fauzi, Porbi baru pertama kali digelar setelah vakum 30 tahun lebih. Namun dengan tingginya keinginan masyarakat, kegiatan ini kembali digelar.

“Kita berharap Porbi dapat membantu masyarakat mengatasi hama babi dan menjadi agenda rutin, sehingga berdampak positif pada peningkatan produksi pertanian masyarakat,” ujarnya berharap.

Sebelumnya, Sabtu (6/4) malam, masyarakat Nagari Lasi melakukan bagurau samalam suntuak, dalam rangka menyambut kedatangan peserta Porbi dari Sumbar, Riau dan Jambi, sekaligus penggalangan dana untuk kegiatan tersebut. (AMC05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *