Menu

Ketika “Agam Menyemai” Hasilkan Mie Sehat

  Dibaca : 421 kali
Ketika “Agam Menyemai” Hasilkan Mie Sehat

AMCNews.co.id — Dengan bangga Riva menunjukan dan mempersilahkan tim AMCNews.co.id yang didampingi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPMN) Kabupaten Agam untuk mencicipi mie unik hasil kreasinya ketika dikunjungi Jumat (15/2) lalu.

Mie ini terlihat sama seperti mie yang sudah biasa kita nikmati, hanya saja ada perbedaan yang ternyata sangat mendasar, yaitu bahan baku yang digunakan dalam memproduksi mie ala Riva ini.

Riva, kader dasawisma Nagari Sariak Kecamatan Sungai Pua Kabupaten Agam berhasil mengkreasikan mie yang berbahan dasar tepung dengan wortel, sawi dan buah naga.

Hasilnya, mie ini tidak saja lebih sehat karena bebas bahan pengawet, namun juga lebih kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Saat ini Riva sudah mampu menghasilkan 20 kg mie per minggu, dan sudah memiliki pelanggan tetap. Untuk harganya sendiri, mie sehat ala Riva ini dijual seharga Rp. 40.000/kg. Dari hasil penjualan mie sehatnya ini, Riva mengantongi omset hingga Rp.3,2 juta per bulan.

Ketika dimintai informasi dari mana ide kreatifnya ini muncul, dengan bersemangat Riva menjelaskan bahwa salah satu hal yang menyebabkan idenya ini muncul adalah gerakan “Agam Menyemai” yang digagas oleh Dr. Indra Catri Bupati Agam. Pada gerakan Agam Menyemai ini, Pemerintah Kabupaten Agam konsisten dan secara massif memberikan bibit kepada masyarakat dan kelompok tani untuk ditanam pada semua areal yang memungkinkan. Termasuk di pekarangan rumah dan memanfaatkan lahan tidur.

“Munculnya ide ini berawal dari panen tanaman sayur-sayuran yang ada di halaman rumah. Ketika hasil panen lebih banyak dari yang kami butuhkan untuk kebutuhan rumah tangga, maka untuk menghindari hasil panen berkurang kualitasnya, kami coba untuk mengolahnya menjadi produk yang bermanfaat dan mendatangkan nilai ekonomis. Lumayanlah untuk tambahan penghasilan keluarga”, ujar Riva.

Kepala DPMN Kabupaten Agam H. Teddy Martha, S.STP yang ikut mengunjungi lokasi pembuatan mie sehat Riva ini menyatakan dukungan dan komitmen terhadap kreasi kader Dasawisma Kecamatan Sungai Pua ini. Sebagai instansi yang bertanggungjawab atas perkembangan inovasi pemerintahan nagari, Teddy langsung menyiapkan langkah-langkah konkrit.

“Tentu saja kami dari Pemerintah Kabupaten Agam akan memberi dukungan kongkrit terhadap kreasi Riva ini. Melalui Pemerintah Nagari Sariak, DPMN akan secara konsisten memberikan pendampingan, dan secara khusus kami akan meminta Tim Pendamping Lokal Desa untuk mengembangkan kreatifitas ini” jelas Teddy.

“Saat ini selain untuk memenuhi permintaan dari konsumen, mie sehat Riva ini juga sudah menjadi menu pada program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) di Posyandu di Nagari. Insya Allah ke depan, produk mie sehat ini akan memiliki pangsa pasar yang semakin luas. Sesegeranya kami akan melakukan koordinasi lintas sektor, agar potensi yang baru saja hadir ini dapat terus berkembang” sambung Teddy.

Sementara, Indra Catri Bupati Agam, ketika dikonfirmasi Sabtu,(16/2), menunjukkan keseriusannya dalam menanggapi kreasi kader Dasawisma Kecamatan Sungai Pua itu.

“Memang begitu seharusnya. Inovasi dan kreasi semacam inilah yang menjadi tujuan dari Agam Menyemai itu. Pertama terpenuhinya kebutuhan rumah tangga atau skala lokal. Kedua menghasilkan produk diversifikasi pangan yang bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga. Ini baru dari satu nagari, bayangkan jika seluruh nagari di Agam menghasilkan sebuah kreasi atau inovasi, maka perlahan tapi pasti Agam akan menjadi Kabupaten yang mandiri. Mandiri dalam pemenuhan kebutuhan pangannya, dan kemudian mandiri dalam perekonomiannya” tutup Indra Catri.

AMC02

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

 


Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional