Menu

Pemnag.Manggopoh Siap Salurkan Ribuan Bibit Tanaman Pada Masyarakat

  Dibaca : 171 kali
Pemnag.Manggopoh Siap Salurkan Ribuan Bibit Tanaman Pada Masyarakat

AMCnews.co.id — Dalam waktu dekat, Pemerintah Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, akan menyalurkan berbagai bibit tanaman pada masyarakat yang tersebar di nagari itu.

Seperti disebutkan Wali Nagari Manggopoh, Ridwan, bahwa bibit yang akan disalurkan itu merupakan hasil pembibitan tahun anggaran 2018 seperti kelapa 5 ribu batang, pinang 5 ribu batang, pokat 3 ribu batang dan durian 2 ribu batang.

“Kita rencanakan penyalurannya dilakukan 15 Januari 2019 yang diperuntukkan pada 500 Kepala Keluarga penerima manfaat,” ujar Ridwan kepada AMCnews.co.id, di ruang kerjanya, Jum’at (4/1).

Menurutnya, saat ini bibit itu sudah siap untuk disalurkan. Namun, pihaknya mengutamakan yang mendapatkan bibit betul-betul masyarakat kurang mampu, sehingga ini dapat meningkatkan perekonomian mereka nantinya.

“Untuk mendapatkan bibit masyarakat sebelumnya mengajukan permohonan dan mengisi formulir melalui wali jorong, namun jumlahnya tidak dapat disesuaikan berdasarkan permintaan, takutnya nanti masyarakat lain tidak kebagian,” sebutnya.

Dijelaskan, tahun 2018 pihaknya menganggarkan Rp 120 juta lebih untuk kegiatan itu, termasuk pembuatan pondok, pemagaran lokasi, irigasi, rumah pembibitan dan fasilitas lainnya.

Kebun bibit nagari ini telah dibentuk sejak 2017 di atas lahan seluas 4 ribu meter dalam rangka mendorong program Agam Menyami, yang diawali dengan membibit kelapa 3 ribu batang, nangka 3 batang dan jengkol 2 ribu batang.

“Dari luas lahan setidaknya dapat menampung 30 ribu bibit, sehingga masih banyak lokasi yang bisa dimanfaatkan apabila ada penambahan bibit,” kata Ridwan.

Pada 2019 pihaknya akan menambah jumlah dan jenis komoditi yang akan dibibitkan seperti kelapa 5 ribu batang, pinang 5 ribu batang, pokat 5 ribu batang, durian 2 ribu batang, manggis 3 ribu batang, nangka 1 ribu batang dan rambutan 1 ribu batang.

Sebelumnya, pihaknya sudah konsultasi dengan Dinas Pertanian Agam bagaimana mendapatkan bisa dapatkan bibit unggul dan bersertifikat, sehingga bibit yang akan disalurkan pada masyarakat betul-betul bibit yang berkualitas. (AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional