Kekurangan Tenaga Distan Agam Rekrut Penyuluh Pertanian Swadaya

  • Bagikan

AMCnews.co.id — Dinas Pertanian Kabupaten Agam, akan merekrut Penyuluh Pertanian Swadaya (PPS) dalam menutupi kebutuhan penyuluh di daerah itu.

Seperti dijelaskan Kepala Dinas Pertanian Agam, Isman Imran saat ini penyuluh pertanian yang ada sebanyak 76 orang, dengan rincian 54 PNS dan 22 THL.

“Jumlah ini sangat jauh dari yang diharapkan, sehingga kita harus merekrut PPS untuk mengatasi kekurangan tersebut,” ujar Isman Imran di ruangan kerjanya, Senin (31/12).

Dinas Pertanian sebelumnya telah miliki 57 PPS, tapi ini masih data 2014 dan perlu dievaluasi kembali. Sedangkan PPS dibutuhkan minimal 108 orang sesuai Wilayah Kerja Penyuluh Pertanian (WKPP) yang ada.

Menurut Isman, berkurangnya penyuluh pertanian karena penyuluh yang artian PNS ada sudah pensiun dan akan pensiun pada 2019. Sedangkan Agam miliki lahan pertanian cukup luas dan memerlukan penyuluh lebih banyak.

Tidak hanya itu, Agam juga kekurangan petani muda, dari pantauan ke Kelompok Tani, pada umumnya petani di daerah itu berumur 50 tahun ke atas, sehingga perlu dilakukan regenerasi kedepan.

Sekretaris Dinas Pertanian Agam, Zufren menambahkan, PPS sebagai mitra bagi penyuluh pertanian PNS dalam melakukan kegiatan penyuluhan pertanian, keberadaannya bersifat mandiri dan independen untuk memenuhi kebutuhan pelaku usaha pertanian.

“Perekrutan dan penilaian dilaksanakan Januari 2019 dengan melibatkan kepala BPP disetiap kecamatan, penyuluh pertanian PNS dan THL, nantinya PPS terpilih akan di SK kan,” ujarnya. (AMC05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *