Menu

Bupati Agam Minta OPD Lahirkan Inovasi

  Dibaca : 153 kali
Bupati Agam Minta OPD Lahirkan Inovasi

AMCnews.co.id. Bupati Agam, DR. Indra Catri Dt Malako Nan Putiah, meminta seluruh OPD di lingkungan Pemkab Agam agar melahirkan inovasi dalam pelayanan

Hal itu disampaikan karena melalui hasil survey tim independen mengenai tingkat kepuasan masyarakat terhadap enam bidang layanan pemerintah Agam, seperti kesehatan, pendidikan, UMKM, sarana prasarana, administrasi, serta bidang air bersih dan sanitasi dinilai masih tergolong rendah.

“Kepada seluruh dinas tolong dibantu, kenapa indeks kepuasan masyarakat di 6 pelayanan masih tergolong rendah, rata-rata baru 70 persen, sementara target kita 85 persen. Saya minta inovasi dari OPD dalam pelayanan,” ujar bupati saat membuka Musrenbang perubahan RPJMD di aula Bappeda, Kamis (27/12).

Sebelumnya, Kepala Bappeda Agam, Welfizar menyampaikan hasil evaluasi tim terhadap pelaksanaan RPJMD tahun 2016 hingga 2018, saat mengukur evaluasi tingkat kepuasan masyarakat terhadap enam bidang layanan yang dinilai dari perspektif masyarakat melalui survey independen (Jemari Sekato) menggunakan metode CRC hasilnya seperti, Bidang kesehatan dengan indeks kepuasan masyarakat 58,87 persen kategori cukup puas, Bidang pendidikan dengan indeks kepuasan masyarakat 70,31 persen kategori puas.

Kemudian Bidang UMKM dengan indeks kepuasan masyarakat 66,64 persen kategori cukup puas, bidang sarana prasarana (jalan dan jembatan) dengan indeks kepuasan masyarakat 51,60 persen kategori cukup puas.

Sedangkan bidang administrai dengan indeks kepuasan masyarakat 66,84 persen kategori puas, bidang air bersih dan sanitasi dengan indeks kepuasan masyarakat 60,13 persen kategori cukup puas.

“Tidak hanya OPD, kondisi sekarang kita juga menuntut target inovasi pada nagari, karena nagari perpanjangan tangan dinas ditengah masyarakat, nagari memiliki kekuasan untuk mengatur dan mengelola sumber yang ada di daerahnya,” sebut bupati.

Bupati mengarahkan, agar organisasi perangkat daerah dapat melihat momen. “Kita jangan sampai kehilangan momen, seperti sumber daya alam kita sudah bagus, pertanian sudah baik, maka Dinas Pariwisata diharapkan dapat memanfaatkan momen itu, bagaimana dan apa inovasi yang harus dibuat untuk meningkatkan kunjungan ke wilayah kita,” jelasnya.

Menurutnya,seluruh target pembangunan yang ada disetiap indikatornya dapat terlaksana dan tepat sasaran. (AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional