Menu

LPM Untuk Meningkatkan Prakarsa dan Swadaya

  Dibaca : 246 kali
LPM Untuk Meningkatkan Prakarsa dan Swadaya

AMCNews.co.id. Puluhan peserta dari pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Nagari (LPMN) se-kabupaten Agam mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas peran LPMN dalam pembangunan desa, di aula hotel Sakura Syariah, kecamatan Lubuk Basung, kabupaten Agam, Rabu, (28/11).

Acara dibuka oleh Bupati Agam diwakili kepala Bappeda Welfizar, dan dihadiri ketua DPD LPM Agam Arman J Piliang, dan narasumber Kasi Pemberdayaan, Ditjen Bina Pemerintahan Desa, Kemendagri Ir. Armiyanti, M.Si.

Welfizar mengatakan, kegiatan ini cukup strategis dilaksanakan karna meningkatkan silaturahim antara sesama pengurus LPMN dan pengurus DPD, berbagi pengalaman tentang kegiatan yang sudah dilakukan di masing-masing nagari sesuai tugas dan fungsi LPMN.

“Dapat meningkatkan kapasitas pengurus yang mengikuti kegiatan ini, dan dapat diperoleh dari narasumber yang berkompeten serta dari diskusi-diskusi yang dilakukan selama pelatihan,” ujarnya

Dikatakan, LPM merupakan wadah yang dibentuk atas prakarsa dan swadaya masyarakat sebagai mitra pemerintah desa dalam menampung dan mewujudkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat dibidang pembangunan.

“Tujuan utama dibentuknya lembaga ini adalah untuk meningkatkan prakarsa dan swadaya masyarakat dalam menjalankan program pembangunan partisipatif, yang mencakup aktifitas mulai dari perenbcanan hingga mengawasi pelaksanaan pembangunan di tingkat nagari,” ungkapnya

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk dapat menjalankan peranan tersebut secara efektif, maka pengurus maupun anggota LPM harus didukung oleh sumber daya manusia yang mempunyai kualitas pengetahuan dan kecakapan atau keterampilan yang memadai di bidang pembangunan nagari, serta memiliki semangat dan komitmen yang tinggi untuk melaksanakan tugas dan fungsi LPM dengan sebaik-baiknya.

“Ini juga harus didukung adanya komitmen dari pemerintah nagari setempat untuk memberdayakan LPM agar berperan dalam pembangunan nagari,” ulasnya (AMC07)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional