Bupati Letakan Batu Pertama Revitalisasi Pasar Nagari

  • Bagikan

AMCNews.co.id — Kini masyarakat Nagari Ampek Koto, Kecamatan Palembayan bisa merasa lega menyusul dilakukannya peletakan batu pertama pembangunan revitalisasi Pasar Nagari/Pasar Rakyat senilai Rp.531.239.000 oleh Bupati Agam, Indra Catri, Senin (13/8).

Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kabupaten Agam, Aryati, mengatakan pembangunan revitalisasi pasar nagari ini akibat musibah kebakaran yang terjadi pada 18 Februari 2018 yang menghanguskan 28 petak kios.

Untuk menjaga stabilitas ekonomi, Pemkab. Agam bersama seluruh pihak terkait sudah membuat pembangunan relokasi sementara bagi seluruh pedagang.

“Alhamdulillah, saat ini kita sudah bisa membangun revitalisasi pasar nagari melalui dana DAK tahun 2018, sebesar Rp.531 juta lebih dengan jumlah 20 petak kios dan 1 petak los,” terangnya.

Bupati Agam Indra Catri, mengatakan, Pasar Nagari merupakan salah satu wujud aplikasi ekonomi kerakyatan yang paling mendasar dalam menggerakkan roda perekonomian.

“Dalam kondisi krisis, pasar rakyat terbukti bertahan dan mampu melayani kebutuhan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat luas,” ujar bupati.

Pasalnya, menurut bupati, pasar rakyat menyumbangkan lapangan kerja dan menampung 11 ribu lebih pedagang, dengan omzet yang masuk sekitar Rp.725 miliar/tahun, hampir mencapai besaran APBD Agam tahun 2018.

Bupati menambahkan, untuk mempertahankan eksistensi pasar nagari tersebut, melalui program revitalisasi sebuah keharusan tanpa meninggalkan unsur-unsur kebudayaan dan adat istiadat.

Hal yang tak kalah penting, keberadaan pasar nagari menurut bupati, bisa membantu timbal balik antara pedagang dan pembeli di pasar.

Melalui pemasokan hasil tani ke pasar dengan harga murah, dinilai bisa membantu masyarakat setempat dari segi ekonomis.

“Fungsi pasar nagari, tempat para petani memasarkan hasil taninya dengan harga murah, serta lebih banyak menjual daripada membeli, baru masyarakat sejahtera,” pinta bupati.

Selain itu, bupati juga berpesan, agar pedagang dapat memanfaatkan dan menjaga bangunan pasar. Khususnya menjaga kebersihan pasar agar tercipta suasana yang aman, nyaman dan indah.

Sebelum itu, tokoh masyarakat AR. Yutinof, menyatakan apresiasi terhadap respon cepat Pemkab. Agam dan semua pihak dalam melakukan penanganan pembangunan pasar nagari Ampek Koto.

“Melalui dana DAK, revitalisasi pembangunan pasar ini bisa terwujudkan,”ujarnya.

(AMC06)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *