BPBD Agam Bentuk KSB Sekaligus Pelatihan di Sungai Landia

  • Bagikan

AMCnews.co.id — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, membentu Kelompok Siaga Bencana (KSB), sekaligus menggelar sosialisasi dan pelatihan kebencanaan terhadap kelompok serta masyarakat sekitar, di Nagari Sungai Landia, Kecamatan IV Koto, Sabtu (28/7).

Kalaksa BPBD Agam, melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Yunaidi menyebutkan, kegiatan itu upaya Pemkab Agam memberikan pengetahuan dan keterampilan sejak dini terhadap KSB dan warga, tentang kesiapsiagaan serta kewaspadaan menghadapi bencana.

“Kesiapsiagaan diri sendiri sangat penting, sehingga melalui pelatihan ini menjadi bekal pengetahuan dan keterampilan bagi diri sendiri, keluarga dan komunitas,” ujarnya.

Menurutnya, bila terjadi bencana, kesiapan diri lebih besar dari bantuan orang lain yaitu 34,9 persen, bantuan keluarga 31,9 persen, bantuan tetangga 28,1 persen, bantuan orang lewat 2,6 persen, bantaun SAR 1,70 persen dan lain-lain 0,90 persen.

“Sehingga kesiapsiagaan bagi diri sendiri sangat penting dalam penanggulangan bencana, apalagi KSB baru dibentuk dan membutuhkan pengetahuan yang lebih luas di bidang itu.” ujarnya.

Materi pelatihan antara lain, manajemen bencana, perkenalan apa itu relawan bencana, syarat-syarat menjadi relawan bencana dan melakukan praktek penanganan bencana.

Wali Nagari Sungai Landia, Eriyus menyambut baik pembentukan KSB dan pelatihan kebencanaan di nagari itu, karena Sungai Landia termasuk rentan terjadinya bencana longsor, sehingga Kesiapsiagaan perlu pada diri sendiri, keluarga maupun masyarakat.

“Diharapkan peserta dapat mengikuti sosialisasi dan pelatihan dengan baik,” ujarnya berharap.

Koordinator KSB dipegang Syukri Mony, Kabid Persiapan Bencana, Harmy Hendri, regu peringatan Dini Adrianto dan Efendi, regu pemetaan Riko Eka Pratama dan regu pelatihan Yulia Syarif Putri, Kabid Tanggap Daturat Arief, regu P3K Awaludin, regu SAR Endra Yafid, regu penilaian cepat Syafrianto dan dilengkapi dengan regu dapur umum dan logistik.

Sedangkan, Kabid Administrasi dan Komunikasi, Syukri Hamid dan Yuslimar, Kabid Pemulihan Muhammad Iqbal dengan anggota Suardi, Aditiyarman dan Alimali.

(AMC05)

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *