Tingkatkan Minat Baca, Nagari Diminta Kelola Pustaka

  • Bagikan

AMCnews.co.id — Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Agam, M. Arsyid mengharapkan nagari yang ada di daerah itu mengelola pustaka dengan baik dan melengkapi fasilitas agar masyarakat nyaman berkunjung.

“Pada umumnya nagari yang ada di Kabupaten Agam, sudah memiliki perpustakaan tetapi belum terkelola dengan baik, masih banyak yang belum memiliki ruangan atau bangunan sendiri,” ujarnya.

Disebutkan, 82 nagari yang ada di Agam, baru 20 perpustakaan yang memiliki ruangan atau bangunan sendiri, sedangkan lainnya masih menumpang di kantor nagari.

“Boleh menumpang di kantor nagari, tetapi harus memiliki ruangan sendiri, supaya pelayanan di kantor itu tidak terganggu,” jelasnya.

Menurutnya, nagari bisa memanfaatkan sebagian anggaran untuk mengelola perpustakaan seperti melengkapi fasilitas dan menambah buku koleksi, karena ini sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat.

Bahkan pustaka diyakini mampu jadi pendorong terciptanya gerakan gemar membaca sesuai yang dicanangkan Bupati Agam beberapa waktu lalu.

Dijelaskan, Kabupaten Agam saat ini tidak bisa membantu perpustakaan nagari karena nagari sudah memiliki anggaran sendiri, termasuk pustaka sekolah, beda halnya dengan taman baca.

“Untuk itu, kita sangat mengharapkan nagari memiliki pustaka yang benar-benar terkelola dengan baik, selain meningkatkan minat baca juga jadi upaya untuk mencerdaskan anak bangsa,” ujarnya berharap.

(AMC05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.