Menu

Kaya Inovasi Nagari Pakan Sinayan Dinilai Tim Sumbar.

  Dibaca : 874 kali
Kaya Inovasi Nagari Pakan Sinayan Dinilai Tim Sumbar.

AMCNews .co.id. Nagari Pakan Sinayan, Kecamatan Banuhampu, merupakan salah satu nagari yang ada di Kabupaten Agam, sekaligus dipercaya mewakili daerah itu dalam penilaian nagari berprestasi tingkat Sumatera Barat pada 2018.

Bupati Agam, H. Indra Catri Dt Malako Nan Putiah, hadir saat penilaian, di nagari Pakan Sinayan, Selasa (24/7) menyebutkan, Pakan Sinayan ditetapkan mewakili Kabupaten Agam dalam penilaian lomba nagari tingkat Sumatera Barat pada 2018, sesuai hasil penilaian tingkat Kabupaten Agam, yang dilakukan beberapa waktu lalu.

Ada tujuh inovasi yang membuat Nagari Pakan Sinayan layak wakili Agam ke tingkat Sumatera Barat pada lomba nagari berprestasi antara lain, pertama bidang penyelenggaraan pemerintahan, Nagari Pakan Sinayan menjalin hubungan harmonis dengan Bamus dalam menjalankan fungsi pemerintahan.

Kedua, bidang pelaksanaan pembangunan, Pakan Sinayan mampu  meningkatkan alokasi dana pembangunan dari tahun ke tahun yang bersumber dari pemerintah dan swadaya masyarakat, tingginya partisipasi anak Nagari Pakan Sinayan yang di perantauan dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Ketiga, dibidang pembinaan kemasyarakatan, adanya keterpaduan antara pemerintah nagari dengan lembaga adat, lembaga keagamaan, lembaga kemasyarakatan dan pemuda, pembinaan, pengembangan dan pelestarian adat budaya, agama serta sosial.

Keempat, dibidang pendidikan, Nagari Pakan Sinayan mampu meningkatkan sarana pendidikan berupa PAUD dan MDA secara swadaya, pemberian bantuan beasiswa kepada anak yatim dan keluarga kurang mampu.

Kelima, dibidang kesehatan masyarakat, Nagari Pakan Sinayan mewujudkan pembangunan posyandu, penyediaan air bersih masyarakat dan peningkatan pengolahan persampahan di nagari.

Keenam, bidang stabilitas keamanan dan ketertiban, Nagari Pakan Sinayan diindikasi tidak ada konflik dan kejahatan, partisipasi masyarakat dalam pengamanan wilayah tinggi dengan cara mengaktifkan Pos Siskamling.

Ketujuh, bidang partisipasi masyarakat, Pakan Sinayan mewujudkan keaktifan masyarakat dalam pembangunan sarana dan prasarana nagari, tingkat partisipasi juga terlihat melalui keterlibatan kaum perempuan dalam pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

“Tidak hanya itu, Nagari Pakan Sinayan juga sudah melaksanakan pembinaan pelestarian budaya tradisional, mendirikan Badan Usaha Milik Nagari (BUMnag),” ujarnya.

Ketua tim penilai nagari berprestasi Sumatera Barat, Syafrizal mengucapkan selamat kepada masyarakat Nagari Pakan Sinayan yang sudah ditetapkan mewakili Agam, dalam lomba nagari tingkat Sumbar, artinya Pakan Sinayan sudah melewati dua tahap perlombaan.

“Penilaian yang dilakukan kali ini ada tiga tahap, tahap I penilaian administrasi dan Pakan Sinayan memiliki nilai tertinggi di bidang itu,” ujarnya.

Tahap II dilakukan cek lapangan terkait data yang sudah dikirim ke tim penilai Sumbar yang dilakukan kali ini untuk nominasi tiga besar, dan tahap ketiga menentukan nominasi nagari yang akan mewakili Sumbar dalam lomba nagari tingkat nasional melalui ekspos nagari yang nantinya dihadiri direktur pejabat eselon II Kemendagri RI, di Sumatera Barat.

Menurutnya, ekspos nagari sangat menentukan bagi suatu nagari yang akan mewakili Sumbar ke tingkat nasional.

” Semoga Pakan Sinayan bisa menjadi terbaik dan wakili Sumbar dalam penilaian nagari berprestasi tingkat nasional nanti,” ujarnya. (AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

4 Komentar

  1. Reni dewita Selasa, 24 Juli 2018
  2. Yanthy Selasa, 24 Juli 2018
  3. Irza Rabu, 25 Juli 2018
  4. syarief sutan Kamis, 26 Juli 2018

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional