Populasi Bunga Raflesia di Agam Tinggi

  • Bagikan

AMCNews.co.id — Populasi bunga parasit jenis Rafflesia Arnoldi terbilang tinggi di kabupaten Agam.

Tercatat dari bulan Desember 2017 hingga Juli 2018 tercatat sudah 9 lokasi, ditemukan bunga langka tersebut.

Hal itu disampaikan kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Agam Syahrial Tanjung saat dikonfirmasi AMCNews.co.id, Sabtu, (21/7).

Syahrial Tanjung menjelaskan, terakhir ditemukan bunga langka itu di nagari Baringin kecamatan Palembayan, dari Desember 2017 hingga Juli 2018 sudah 9 lokasi populasi bunga Rafflesia berjenis tuan-mudar di kabupaten Agam.

” Lokasi penemuan masing-masing , Batang Palupuh, Marambuang, Malalak Utara, Matur Mudiak, Kamang Mudiak, Salo Baso, Tanjung Sani, Kelok 32 Maninjau, dan yang terakhir ditemukan di nagari Baringin kecamatan Palembayan,” ujar Syahrial

Ditambahkan Syahrial, rafflesia terbesar yang ditemukan pihaknya di hutan cagar alam Maninjau, mencapai diameter 107 cm.

“Itu merupakan diameter terbesar yang pernah didokumentasikan, ” ujarnya lagi.

BKSDA menghimbau masyarakat melalui aparatur nagari untuk bersama-sama menjaga keberadaan tumbuhan yang sangat langka ini.

“Tidak cukup hanya dengan pengamanan berupa pagar dan papan informasi saja, bantuan masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan mengamankan bunga ini sangat diperlukan, ” ulasnya

(AMC07)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *