Genjot Wisatawan, 8 Dermaga Dibangun di Salingka Danau Maninjau

  • Bagikan

AMCNews.co.id — Pemerintah Kabupaten Agam akan membangun 8 dermaga di kawasan Salingka Danau Maninjau Kecamatan Tanjung Raya.

“Perencanaan pembangunan dermaga tersebut, saat ini kita sedang melakukan perancangannya. Insya Allah tahun 2019 sudah direalisasikan pekerjaannya,” ujar Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Agam, Isman Imran, didampingi Kabid Pengembangan Destinasi dan Daya Tarik Pariwisata, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam, Atriswan, diruang kerjanya, Rabu (11/7).

Isman mengatakan, pembangunan fasilitas penyeberangan itu dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap pengunjung di kawasan salingka danau seperti objek wisata Muko-muko. Pasalnya, pengunjung yang datang ke danau maninjau tidak hanya pengunjung lokal tapi mancanegara juga.

Menurutnya, selain menikmati kawasan objek wisata di Muko-muko, para pengunjung juga bisa mengunjungi museum Buya Hamka dengan kapal tanpa menggunakan jasa transportasi darat.

“Jalurnya nanti kita buat, apakah posko utamanya dari Muko-muko menuju Dermaga Sungai Batang ( Museum Buya Hamka), atau sebaliknya. Nanti kita buat sesuai dengan pesanan para pengunjung,” jelas Isman.

Bahkan, menurut Isman, dalam waktu dekat juga, Pemkab Agam juga akan membangun perbaikan beberapa ruas jalan menuju objek wisata di Pantai Tiku.
Direncanakan, perbaikan jalan tersebut rencananya dibuat di tiga titik, yaitu jalan simpang pantai Tiku TPI, jalan Banda Baru Tiku Lamo dan jalan pantai Bandar Gadang dengan panjang 5 kilometer.

“Jalur ini dibangun disamping untuk memudahkan akses transportasi pengunjung, juga menjadi rute jalur evakuasi tsunami,” tegas Isman.
(AMC06)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.