Kesenian Tradisional Meriahkan Pelantikan Pengurus KAN Paninjauan

  • Bagikan

Tanjung Raya, AMC – Penampilan kesenian tradisional meriahkan pelantikan pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN) Paninjauan, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Kamis (27/1).

Kesenian yang ditampilkan seperti tari galombang, tari pasambahan, tambua tansa pupuik batang padi dan talempong uwaik- uwaik.

Kesenian tradisional ini ditampilkan grup kesenian dari Nagari Paninjauan, bahkan mahasiswa ISI Padang Panjang juga ikut persembahkan tari piriang.

Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman saat hadiri pelantikan pengurus KAN itu, mengapresiasi penampilan kesenian tradisional yang telah memeriahkan kegiatan itu.

“Kita bangga kesenian tradisional masih berkembang di Paninjauan, semoga juga lestari di nagari lainnya,” ujarnya.

Seni budaya ini merupakan salah satu program unggulan di masa kepemimpinannya sebagai Bupati Agam.

Termasuk budaya lainnya seperti pasambahan, dengan melibatkan budayawan Minangkabau asal Tanjung Raya Kabupaten Agam yaitu Yus Dt Parpatiah.

“Ini jadi salah satu program unggulan kita, supaya seni budaya Minangkabau tetap mengakar di Kabupaten Agam,” sebutnya.

Ia menilai, perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini, seni budaya mulai kurang diminati oleh generasi. Sehingga ini perlu diatasi bagaimana seni budaya kembali dicintai dan dikembangkan di tengah masyarakat.

“Semoga penampilan kesenian tradisional tadi jadi motivasi bagi generasi, untuk kembali mencintai dan mengembangkan seni budaya Minangkabau ke depan,” harapnya. (t_m)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *