Kukuhkan Pokjaluh dan APRI, Kakan Kemenag Agam : Laksanakan Tugas Sesuai Ajaran Agama

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Kakan Kemenag Agam, Marjanis kukuhkan Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Agama Islam dan Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kabupaten Agam periode 2021-2025, di Balairung Rumah Dinas Bupati Agam, Selasa (19/10).

Pengukuhan ini dihadiri Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri Dt Parpatiah, anggota DPR RI selaku tokoh masyarakat Agam, Guspardi Gaus, Perwakilan Kakanwil Kemenag Sumbar, Edison, Forkopimda dan lainnya.

Kepengurusan organisasi yang dikukuhkan ini, untuk Pokjaluh sebanyak 26 orang, diketuai oleh Gafnel, Wakil Ketua, Zul Abrar, Sekretaris, Yandrizal, Wakil Sekretaris, Mulyadi dan Bendahara, Desra Mulyani.

Lainnya menjabat diberbagai bidang seperti, bidang pelatihan dan dakwah, bidang hubungan antar lembaga dan ormas, bidang kemasjidan dan lembaga pendidikan masyarakat, bidang pemberdayaan ekonomi dan bidang kerukunan umat beragama

Selanjutnya, bidang pemberdayaan perempuan dan anak, bidang teknologi informasi, bidang pengembangan penyuluh agama profesional dan penghitungan angka kredit.

Sedangkan untuk APRI dikukuhkan sebanyak 30 orang, yang diketuai oleh Wahyu Hidayat, Wakil Ketua, Sofyan Tsauri, Sekretaris, Asrul, Wakil Sekretaris, Muhammad Irsyad, Bendahara, Khairul dan Wakil Bendahara, Ismail Roma.

Lainnya menempati posisi di seksi hubungan lembaga/masyarakat dan informasi publik, seksi keanggotaan dan angka kredit, seksi pengembangan SDM, pendidikan dan pelatihan, seksi disiplin dan etika profesi, seksi hukum dan advokasi, serta seksi kajian hukum islam.

“Selamat kepada pengurus, semoga mampu mengemban amanah ini dengan baik. Laksanakan tugas dan tupoksi masing -masing, sebagaimana kita mengamalkan ajaran agama Islam,” ucap Kakan Kemenag Agam, Marjanis.

Ia berharap, Pokjaluh dan APRI ini tidak hanya sebuah nama, tapi pengurus harus paham apa yang akan dilakukan, supaya oraganisasi ini dapat berjalan dengan baik sesuai fungsinya masing-masing.

“Islam itu adalah ilmu rasa bukan ilmu teori, sehingga kita minta pengurus untuk profesional dalam melaksanakan tugasnya,” pinya Marjanis.

Dikesempatan itu, Kakanwil Kemenag Sumbar, diwakili Kabid Urusan Agama Islam, Edison berharap keberadaan organisasi itu lebih ditingkatkan, karena perubahan kehidupan masyarakat sangat cepat, sehingga harus dilakukan pola pembinaan dan pendekatan.

“Kita yakin pengurus organisasi ini miliki kemampuan lebih untuk melaksanakan tugas, namun kita juga minta melakukannya dengan komunikasi yang baik, dalam melakukan pembinaan pada masyarakat,”harapnya. (t_m)

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *