Balai Veteriner Bukittinggi Gelar Vaksinasi Rabies Massal

  • Bagikan

Baso, AMC – Wakil Bupati Agam, diwakili Asisten III Setda Agam, Junaidi, hadiri vaksinasi rabies massal, yang digelar Kantor Veteriner Bukittinggi, Jumat (8/10).

Kepala Kantor Veteriner Bukittinggi, drh Gigih Tri Pambudi mengatakan, dalam rangka Hari Rabies Dunia, yang di peringati setiap 28 September, pihaknya menyelenggarakan vaksinasi rabies massal secara gratis bagi hewan.

“Hal ini merupakan sebagai bentuk upaya dalam pengendalian rabies,” ujarnya.

Dikatakan, vaksinasi ini diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia, karena hari ini adalah puncak peringatan Hari Rabies Dunia.

Sementara itu, Asisten III Setda Agam, Junaidi mengatakan, rabies merupakan penyakit hewan yang dapat menular ke manusia melalui gigitan Hewan Pembawa Rabies (HPR), seperti anjing, kucing dan kera.

“Oleh sebab itu, dalam upaya pengendalian rabies, harus dilakukan vaksinasi rabies secara kerkelanjutan, pengendalian populasi HPR, dan mensosialisasikan kepada masyarakat terkait bahaya rabies,” ujarnya.

Dikatakan, dalam rangka pengendalian rabies, Pemkab Agam, melalui Dinas Pertanian telah melakukan vaksinasi terhadap 5 ribu hewan peliharaan.

Sejalan dengan itu, jelasnya, pihaknya juga melakukan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya rabies.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Agam, kami ucapkan terimakasih kepada Balai Veteriner Bukittinggi, yang telah mendukung dan ikut membantu dalam upaya pengendalian rabies di Kabupaten Agam,” ujarnya

Menurutnya, keberhasilan pengendalian rabies sangat dipengaruhi oleh seberapa besar keterlibatan seluruh lapisan masyarakat, baik keaktifan petugas kesehatan hewan, perilaku pemilik hewan, partisipasi masyarakat, keberhasilan sosialisasi, penyediaan logistik, dan lain sebagainya.

“Melalui vaksinasi rabies ini, semoga kedepannya masyarakat, khususnya di Kabupaten Agam terlindungi dari ancaman rabies,” harapnya.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir, Kadis Pertanian Agam, Arif Restu, Plt Camat Baso, Fauzi, dan lainnya. (HR)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *