Selain Vaksin, Distan Agam Juga Eliminasi Hewan Liar Cegah Rabies

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Dinas Pertanian Kabupaten Agam mengeliminasi hewan liar untuk mencegah penyebaran virus rabies pada hewan peliharaan masyarakat.

Kepala Dinas Pertanian Agam, Arief Restu, Jum’at (24/9) mengatakan, eliminasi ini upaya lain yang dilakukan untuk mencegah penyebaran virus rabies, selain dilakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaan.

“Eliminasi ini kita lakukan terhadap hewan liar seperti, anjing yang tidak ada pemiliknya,” ujarnya.

Hal ini, menurutnya, hewan liar berpotensi besar membawa virus rabies, sehinga akan membahayakan bagi hewan peliharaan dan masyarakat.

“Sepanjang ada permintaan eliminasi kita siap memfasilitasinya. Sesuai data yang masuk dari setiap Puskeswan, hingga kini sudah 46 ekor hewan liar yang dieliminasi,” sebut Arief.

Selain permintaan, katanya, Distan Agam suatu saat juga bakal melakukan eliminasi terhadap hewan liar ini. Ketika eliminasi dilaksanakan masyarakat diminta untuk mengikat atau mengurung hewan peliharaannya.

“Jangan nanti waktu pelaksanaan masyarakat mengklaim hewan peliharaannya mati akibat dieliminasi, padahal sebelumnya sudah diberikan imbauan untuk itu,” terangnya. (t_m)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *