Disparpora Agam Latih 40 Pemandu Wisata Alam

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Puluhan pemandu wisata di Kabupaten Agam dilatih meningkatkan pengetahuan sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), Selasa (13/7).

Pelatihan asah kompetensi yang difasilitasi Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Agam ini dilangsungkan hingga lusa.

Kepala Disparpora Kabupaten Agam, Syatria menuturkan, kompetensi pemandu wisata alam (geowisata) dalam melayani tamu wisata di daerahnya perlu di upgrading.

Kompetensi yang dimaksud yakni pengetahuan dan motivasi para pemandu geowisata agar memenuhi SKKNI Bidang Kepemanduan.

“Untuk itu, hari ini digelar pelatihan pemandu wisata alam yang bertujuan memenuhi kompetensi yang dimaksud,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, pelatihan pemadu geowisata itu diikuti 40 peserta, terdiri dari pengelola masing-masing geosite, geopark, dan pengelola desa atau nagari wisata.

Agar berlangsung secara dua arah, pelatihan yang mendatangkan narasumber akademisi dan praktisi kepariwisataan itu dilakukan dengan metode ceramah dan diskusi tanya jawab.

“Selain itu untuk lebih mematangkan materi yang diperoleh, para pemandu geowisata juga akan digiring ke lapangan,” imbuhnya.

Ditambahkan, pelaksanaan pelatihan pemandu geowisata didanai oleh Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik Pelayanan Kepariwisataan Tahun 2021.

“Diharapkan para peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan serius, dan mempraktekan materi yang didapat guna peningkatan kompetensi kepemanduan,” ujarnya. (Depit)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *