Pemprov Sumbar Gelar Pelatihan Peningkatan SDM di Agam

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Sejumlah organisasi dan pemerhati perlindungan perempuan dan anak di Kabupaten Agam, mendapatkan pelatihan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dari Pemrov Sumbar, Rabu (21/4) di Hotel Syakura Syariah Lubuk Basung.

Kegiatan itu dihadiri Wakil Bupati Agam Irwan Fikri, SH, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumbar, Besri Rahmad, Ketua TP-PKK Kabupaten Agam Ny. Yenni Andri Warman.

Sementara itu, sebagai narasumber menghadirkan Ketua TP-PKK Provinsi Sumbar Ny. Harneli Mahyaldi, Kadis Pengendalian Penduduk Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Agam, Erniwati.

Ketua Panitia Pelaksana, Kuartika mengatakan, tujuan kegiatan untuk memotivasi semua pemerhati perlindungan perempuan dan anak agar meningkatkan pelayanan, pengentasan atau pengurangan kasus-kasus kekerasan pada perempuan dan anak di daerah.

“Bagaimana kita memperkuat koordinasi, jejaring dan sinergisitas dalam kerangka mengoptimalkan upaya perlindungan perempuan,” ujarnya.

Ia berharap, usai pembekalan ini bisa melahirkan program kebijakan yang responsif terhadap penurunan angka kekerasan terhadap perempuan.

Menanggapi hal itu, Wakil Bupati Agam Irwan Fikri, SH, mengucapkan terimakasih atas perhatian Pemrov Sumbar.

“Semoga kerjasama ini terus berlanjut dan dikembangkan melalui berbagai program di masa akan datang,” pinta wabup.

Menurut wabup, korban kekerasan dalam rumah tangga perlu ditangani secara komprehensif. Tidak saja menjadi tanggung jawab pemerintah tetapi juga diperlukan keterlibatan masyarakat dan stakeholder terkait.

Kekerasan yang dihadapi perempuan dan anak bukan hanya berupa kekerasan fisik, melainkan psikis dan seksual.

“Untuk itu memperhatikan berbagai kondisi tersebut, pemerintah daerah berusaha secara optimal,” terang wabup. (Finand)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *