Sambut Ramadan 1442 H, Warga Nagari Kampuang Pinang Balimau di Masjid

  • Bagikan

Kampuang Pinang, AMC – Masyarakat Nagari Kampuang Pinang, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, gelar balimau dengan cara menjalin silaturahmi di masjid, dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1442 hijriah.

Silaturahmi yang digelar di Masjid Raya Kampuang Pinang itu, juga dirangkai dengan kegiatan berdoa dan makan bersama, Minggu (11/4).

Ketua panitia pelaksana, Zommi Dt Nan Labiah mengatakan, tradisi unik menjelang Ramadan ini sudah lama hilang di tengah masyarakat, namun atas kesepakatan bersama, kegiatan ini kembali dimunculkan.

“Dahulunya jelang Ramadan, nenek moyang di Kampuang Pinang selalu melakukan kegiatan balimau yaitunya bersilaturahmi, berdoa dan makan bersama di masjid,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, seluruh masyarakat baik unsur niniak mamak, pemerintah nagari, alim ulama dan tokoh masyarakat berkumpul di masjid. Kemudian kaum ibu membawa jamba, dengan cara berjalan bersama-sama menuju lokasi kegiatan.

“Sesampai di masjid, seluruh hidangan disajikan. Kemudian, acara dimulai dengan ceramah agama, berdoa, saling bermaaf- maafan dan makan bersama,” sebutnya.

Menurut Zommi, banyak nilai luhur yang terkandung dalam kegiatan tersebut. Dalam ajaran agama, sebelum memasuki bulan Ramadan, sesama muslim diwajibkan untuk mensucikan diri dan hati, tentunya dengan saling bermaaf-maafan, baik sesama keluarga maupun tetangga.

“Ke depan acara ini akan kita agendakan sebagai kegiatan rutin tahunan di Nagari Kampuang Pinang,” katanya.

Mengingat kondisi masih pandemi Covid-19, kegiatan balimau tahun ini dilaksanakan sesuai protokol kesehatan seperti, pemeriksaan suhu tubuh, menjaga jarak, serta menggunakan masker dan mencuci tangan. (t_m)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *