Dapat DAK Rp3,9 M Lebih, Dinkes Agam Bangun IPAL di Puskesmas

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Dinas Kesehatan Kabupaten Agam mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp3,9 miliar lebih, untuk bangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di puskesmas.

Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Agam, Hesfi Yanti di Lubuk Basung, Selasa (26/1) menyebutkan, IPAL dibangun pada tujuh puskesmas seperti Pukesmas Batu Kambiang, Pasar Ahad, Malalak, Biaro, Padang Tarok, Magek dan Palembayan.

“Masing-masing puskesmas dialokasikan anggaran sebesar Rp570 juta, dengan total anggaran keseluruhan Rp3.990.000.000,” sebutnya.

Selama ini, katanya, limbah di puskesmas sudah terkelola dengan baik, tapi belum ada proses pengolahannya agar limbah itu bisa digunakan kembali.

Sebelumnya puskesmas hanya mengandalkan septic tank untuk menampung limbah. Agar limbah itu dapat didaur ulang, maka tahun ini Dinkes Agam bangun IPAL yang difokuskan kepada tujuh puskesmas.

“Limbah nanti ada proses pengolahannya, dan hasil pengolahan bisa dimanfaatkan seperti menyiram bunga dan lainnya,” terang Hesfi Yanti.

Menurutnya, dengan dibangunnya IPAL ini juga dapat menjaga lingkungan agar tetap bersih, sehingga tidak memberikan dampak yang buruk kepada masyarakat. (t_m)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *