Lubuk Basung, AMC – Jumlah koleksi buku dan judul buku di Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Agam, dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan.

Hingga saat ini, jumlah koleksi buku di Perpusda Kabupaten Agam mencapai 25.563 eksemplar buku dengan jumlah judul buku sebanyak 8.868.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Agam, M. Arsyid melalui Kepala Seksi Pelayanan Perpustakaan, Suryani menuturkan setiap tahunnya koleksi buku di Perpusda Agam terus bertambah.

“Penambahan koleksi buku terakhir pada tahun 2019, pada 2020 ini tidak ada penambahan lantaran pandemi Covid-19,” ungkapnya, Jumat (8/1).

Disebutkan, jumlah koleksi buku saat ini tercatat sebanyak 25.563 eksemplar dengan 10 klasifikasi buku, meliputi karya umum, sastra, keagamaan, sejarah, ilmu terapan, filsafat, kesenian, ilmu sosial, dan sains.

Agar minat baca masyarakat terus meningkat, pihaknya terus berupaya meningkatkan kunjungan ke perpustakaan dengan cara aktif dalam mempromosikan program gemar membaca.

“Di perpustakaan, ada sejumlah penunjang yang pendukung seperti internet dan wifi yang memungkinkan pengunjung dapat mengakses internet,” terangnya.

Selain membaca di tempat, koleksi buku yang ada di Perpusda Agam juga bisa dipinjam oleh pengunjung, maksimal 2 buku selama satu minggu tanpa dipungut biaya.

Untuk dapat melakukan pinjaman, tambahnya, pengunjung harus mendaftar menjadi anggota perpustakaan terlebih dahulu.

“Di masa pandemi Covid-19 ini, kunjungan dan pinjaman buku di perpustakaan mengalami penurunan,” ungkap Suryani.

Pihaknya juga berharap, Perpusda Kabupaten Agam pada tahun ini bisa menambah koleksi buku dan jumlah eksemplar sehingga dapat menjangkau semua kalangan. Baik anak sekolah, mahasiswa hingga masyarakat umum.

“Harapannya koleksi makin bertambah dan pandemi Covid-19 cepat berakhir, sehingga perpustakaan kembali dikunjungi tanpa perlu khawatir dengan Covid-19,” ujarnya. (Depit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *