Bunga Amorphophallus Paeoniifolius Ditemukan di Hutan Simaruok

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Warga Simaruok, Jorong II Nagari Garagahan, Olwi Merta, kembali menemukan bunga langka di sekitar kawasan Hutan Simaruok, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung, Selasa (29/12).

“Bunga yang ditemukan kali ini, agak berbeda dari bunga yang ditemukan di Padang Bamban dan Sungai Landai beberapa waktu lalu,” ujarnya pada AMCNews.co.id.

Menurutnya, bunga yang ditemukannya tersebut, masih satu jenis dengan bunga bangkai (Amorphophallus titanum), karena bentuknya hampir mirip dengan bunga bangkai, namun tidak memiliki lidah di tengah-tengahnya.

Olwi Merta menjelaskan, tanaman tersebut ditemukan di perbatasan hutan Simaruok, Jorong II, dengan Jorong III, ketika ia bersama teman-temannya melakukan perburuan hama babi hutan. Tanpa sengaja, ia melihat bunga tersebut yang masih menguncup di lerengan bukit.

Sementara itu, Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Resor Agam, Ade Putra saat dikonfirmasi AMCNews.co.id mengatakan, bunga tersebut masih tergolong kedalam bunga bangkai, yang berjenis Amorphophallus Paeoniifolius.

Ade Putra menjelaskan, tanaman bunga bangkai terdiri dari beberapa jenis, dan bunga bangkai Amorphophallus Paeoniifolius ini, merupakan spesies endemik Pulau Sumatera.

“Jika dilihat dari bentuknya, tanaman ini berada di fase generatif, dan di perkirakan 2-3 hari lagi akan mekar sempurna,” ujarnya.

Dijelaskan, bunga bangkai Amorphophallus Paeoniifolius ini juga termasuk kedalam bunga langka yang dilindungi. “Kami mengimbau kepada masyarakat, agar tidak merusak tanaman tersebut, dan dapat melestarikannya,” harapnya. (HR)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *