Langgar Prokes, 41 Pengguna Jalan di Malalak Disanksi

  • Bagikan

Malalak, AMC – Sebanyak 41 orang pengguna jalan di Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, melanggar protokol kesehatan terutama tidak memakai masker, Kamis (26/11).

Mereka ditemukan melanggar saat tim terpadu penegak Perda Provinsi Sumatera Barat nomor 6 tahun 2020, menggelar operasi yustisi di wilayah itu.

Atas pelanggaran yang dilakukan, mereka diberikan sanksi sanksi sosial dan juga denda.

“Dari 41 orang pelanggar, 39 orang diberikan sanksi sosial dan 2 orang bayar denda,” ujar anggota tim terpadu, Ali Akbar.

Dijelaskannya, sanksi sosial diberikan berupa kerja bakti membersihkan fasilitas umum, sedangkan denda diberikan Rp100.000 per orang yang nanti dimasukkan ke kas daerah.

“Sanksi ini diatur dalam Perda Sumbar Nomor 6 tahun 2020, tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19,” katanya.

Dikatakannya, bagi orang yang sama kembali ditemukan melanggar protokol kesehatan, maka mereka akan diberikan sanksi lebih berat, karena datanya sudah diinput ke dalam sebuah aplikasi.

Sementara itu, Camat Malalak, Ricky Eka Putra mengatakan, sebelum perda ditegakkan pihaknya gencar melaksanakan sosialisasi, tapi masih ada warga yang lalai akan protokol kesehatan.

“Namun, secara umun kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, terutama memakai masker sudah terlihat,” sebutnya.

Untuk itu, ia mengimbau warga agar selalu disiplin memakai masker, karena menurutnya penting bagi kesehatan dalam menghindari penularan Covid-19.

“Jangan hanya patuh saat ada operasi, tapi disiplin setiap saat, terutama ketika beraktivitas di luar rumah,” ajaknya. (t_m)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *