KPU Agam Gelar Simulasi Pungut Hitung Suara di TPS 16 Gaduik

  • Bagikan

Tilatang Kamang, AMC – KPU Kabupaten Agam gelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara, sekaligus uji coba penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) pada Pilkada serentak 2020, Sabtu (21/11).

Pelaksana harian Ketua KPU Agam, Zainal Abadi mengatakan, simulasi dan uji coba Sirekap dilaksanakan di TPS 16 Nagari Gaduik, Kecamatan Tilatang Kamang.

“Kegiatan ini dilaksanakan bersama KPPS dan dihadiri seluruh PPK di Agam,” ujarnya.

Dikatakannya, kegiatan ini untuk pemantapan seluruh jajaran KPU dalam pelaksanaan pungut hitung, yang akan dilaksanakan 9 Desember 2020 mendatang.

Dengan begitu, kegiatan ini dapat mengantisipasi segala kekurangan semenjak dini, termasuk dalam penerapan protokol kesehatan.

Hasil evaluasi simulasi akan dibahas dalam bimbingan teknis pungut hitung yang dilakukan secara berjenjang dari PPK, PPS hingga KPPS.

“Segala kekurangan nanti akan kita perbaiki, agar pelaksanaan pesta demokrasi satu kali lima tahun ini berjalan dengan baik,” katanya.

Sementara itu, Kaban Kesbangpol Agam, Yunilson menyambut baik kegiatan simulasi ini. Karena selain mematangkan kesiapan penyelenggara, juga untuk mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa pemilihan di TPS dilakukan dangan standar kesehatan yang tinggi.

Untuk itu, katanya, masyarakat tidak perlu khawatir penyebaran Covid-19 di TPS, karena pelaksanaannya dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Setiap TPS diberlakukan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, mengukur suhu dan lainnya,” jelas Yunilson. (t_m)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *