Menu

Disdik Kota Padang Studi Tiru ke Agam Soal Tupoksi Kedinasan

  Dibaca : 26 kali
Disdik Kota Padang Studi Tiru ke Agam Soal Tupoksi Kedinasan

Lubuk Basung, AMC – Dalam rangka mempelajari pelaksanaan tugas pokok dan fungsi dalam menyelenggarakan pelayanan urusan pendidikan dan kebudayaan, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Padang lakukan kunjungan studi tiru ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Agam, Jumat (20/11).

Rombongan yang dipimpin langsung Kepala Disdik Kota Padang, Habibul Fuadi, S.Pd, M.Si disambut langsung Kepala Disdikbud Kabupaten Agam, Drs. H. Isra, M.Pd dan Sekretaris Dinas, Syahrial ST, MT.

“Hari ini kami menerima kunjungan dari Dinas Pendidikan Kota Padang yang dipimpin langsung Bapak Habibul Fuadi, S.Pd, M.Si dengan jajaran sebanyak 12 orang, kunjungan ini merupakan apresiasi bagi kami sekaligus meningkatkan silaturahmi antar OPD penyelenggara pendidikan di Sumatera Barat,” ujarnya kepada AMC.

Dijelaskan, kunjungan Disdik Kota Padang itu adalah dalam rangka studi tiru pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Disdikbud Kabupaten Agam dalam menyelenggarakan pelayanan urusan pendidikan dan kebudayaan.

“Studi tiru kali ini lebih dikhususkan tentang urusan kebudayaan yang dilaksanakan selama ini,” jelasnya.

Dalam kunjungan itu, Drs. H. Isra, M.Pd menjelaskan struktur Disdikbud Kabupaten Agam sesuai Perda Nomor 11 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah.

Disebutkan, Disdikbud Kabupaten Agam terdiri atas 1 Sekretariat Dinas yang dipimpin Sekretaris, 5 bidang meliputi Bidang Paud Dikmas, Bidang Pembinaan SD, Bidang Pembinaan SMP, Bidang Ketenagaan, dan Bidang Kebudayaan.

Khusus pada Bidang Kebudayaan, tukasnya, terdapat 3 seksi yang meliputi Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman, Seksi Sejarah dan Tradisi, dan Seksi Kesenian.

“Dari ketiga seksi tersebut, terdapat 3 program yaitu Program Pengelolaan Kekayaan Budaya, Pengembangan Nilai Budaya dan Pengelolaan Keragaman Budaya,” sebutnya.

Ditambahkannya, saat ini Pemerintah Kota Padang tengah menyiapkan perubahan Struktur Organisasi Perangkat Daerah. Jika selama ini hanya ada urusan pendidikan di Disdik Kota Padang, tahun depan akan berganti menjadi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang.

Disampaikan lebih lanjut, Pemerintah Kabupaten Agam sangat menyambut baik kunjungan studi tiru Disdik Kota Padang tersebut. Pihaknya berharap akan ada studi tiru yang sama dari Disdikbud Kabupaten Agam.

“Kita berharap kunjungan ini juga akan bisa diikuti oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam ke Kota Padang setelah ditetapkan Struktur Pemko Padang yang baru nanti,” ujarnya.

Usai kunjungan ke Disdikbud Kabupaten Agam, rombongan Disdik Kota Padang melanjutkan kunjungan ke Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka. Diungkapkan, rombongan Disdik Kota Padang memiliki ketertarikan tentang pengelolaan kebudayaan di Agam terutama pembinaan adat dan budaya, seperti di Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka.

Disamping itu, pembinaan sanggar seni dan koordinasi serta kerjasama yang baik antara Pemerintah Kabupaten Agam bersama LKAAM dan Bundo Kanduang juga mendapat sorotan Disdik Kota Padang.

“Rombongan juga mengunjungi beberapa objek wisata di sekitar Danau Maninjau. Sebelum meninggalkan Kabupaten Agam, terlebih dahulu dilakukan tukar-menukar cindera mata oleh kedua kepala dinas,” jelasnya. (Depit)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional