Pjs Bupati Agam Ajak Masyarakat Teladani Akhlak Nabi Muhammad

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Hadir sebagai penceramah dalam rangka memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1442 Hijriyah di Masjid Agung Nurul Falah, Kamis (5/11) malam, Pjs. Bupati Agam Benni Warlis mengajak masyarakat untuk selalu meneladani Baginda Rasulullah.

“Sebaik-baiknya contoh adalah meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW. Karena, di dalam diri-Nya terdapat Uswatun Hanasah,” kata bupati.

Pasalnya, sebagai daerah dengan visi misi mewujudkan Agam Madani, bupati berharap dengan meneladani suri tauladan Nabi Muhammad SAW, merupakan pondasi awal mewujudkan masyarakat Kabupaten Agam yang madani dan sejahtera.

Diawal ceramahnya, bupati menyampaikan ungkapan rasa syukur dengan mengucapkan Alhamdulillah. Sebab dalam kondisi pandemi ini masih dapat mengadakan peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW.

Untuk itu, memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, jelas bupati, adalah momentum penting dalam sejarah peradaban manusia sepanjang masa.

Menurutnya, banyak pelajaran, khususnya dari sejarah hidup Rasulullah SAW dan peradaban dunia lebih dari 14 abad yang lalu. Kepribadian Rasulullah SAW bukan hanya sebagai sosok tauladan yang menakjubkan. Tapi juga menjadi sumber inspirasi sepanjang sejarah peradaban umat manusia sampai akhir zaman kelak nanti.

Kata Benni, perjuangan Rasulullah dalam menegakkan syari’at Islam di tengah masyarakat Arab Jahiliyah ketika itu seharusnya menjadi inspirasi buat semua. Rasulullah SAW diutus untuk mengajak manusia agar beribadah hanya kepada Allah SWT saja dan memperbaiki akhlak manusia.

“Ketika kita bisa menyayangi semua manusia, tapi belum tentu semua manusia sayang kepada kita. Namun, sebaliknya yang terjadi pada diri Nabi Muhammad SAW. Dia sayang kepada seluruh umatnya, dan umatnya begitu menyayangi dan mengagumkan sosok kepemimpinannya,” jelas bupati.

Oleh sebab itu, makna yang paling mendasar dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah untuk mengevaluasi sejauhmana Uswatun Hasanah yang melekat pada diri Rasulullah SAW dapat diteladani dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari- hari.

“Selain itu, ketauladanan Rasulullah yang juga harus ditiru adalah beliau diterima semua golongan dan menjadi tokoh yang diakui dan dikagumi, bukan hanya di kalangan umat Islam namun bagi umat lainnya. Karena, Muhammad SAW adalah Pemimpin abadi,” tambah bupati mengakhiri ceramahnya. (Finand)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *