Menu

Jalur Simaka Kembali Ditimbun Longsor, Akses Buka Tutup

  Dibaca : 82 kali
Jalur Simaka Kembali Ditimbun Longsor, Akses Buka Tutup

Malalak, AMC – Akses jalur Sicincin-Malalak-Balingka (Simaka) tepatnya di Jorong Limo Badak, Nagari Malalak Timur, Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, kembali ditimbun longsor, Sabtu (5/9) dini hari sekitar pukul 02.00 WIB.

Kabid KL BPBD Kabupaten Agam, Syafrizal kepada AMC menyebutkan, longsor terjadi pada lokasi longsor yang lama tepatnya di Bukik Baapik, karena di wilayah itu memang rawan terhadap bencana dengan kondisi tebing yang labil.

“Akibat kejadian itu, material longsor menimbun badan jalan mengakibatkan akses masyarakat jadi terganggu,” ujarnya.

Namun, katanya, kendaraan roda dua dan empat masih bisa melewatinya dengan cara buka tutup, karena jalan tertimbun tidak terlalu parah.

“Meski begitu kita minta pengendara tetap waspada melewatinya, karena kondisi jalan yang licin,” sebut Syafrizal.

Untuk mengatasi hal ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan, nagari dan TNI untuk melakukan pendataan, serta berkoordinsi dengan DPUPR Provinsi Sumatera Barat terkait pembersihan material longsor yang menutupi jalan.

Sementara itu, Camat Malalak Ricky Eka Putra mengatakan, kondisi longsor tidak begitu parah, yang menimbun badan jalan sepanjang 6 meter dengan ketinggian sekitar 30 centimeter.

“Alat berat milik DPUPR provinsi sudah ada di lokasi dan sekarang masih menunggu operatornya,” katanya.

Ricky mengakui, sejak beberapa waktu lalu longsor sering terjadi di lokasi itu, sehingga diharapkannya pengendara selalu meningkatkan kewaspadaan apabila melewati ruas jalan tersebut. (t_m)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional