150 Qori dan Qoriah di Tiku Utara Ikuti MTQ ke-V Tingkat Nagari

  • Bagikan

Tiku Utara, AMC – Sebanyak 150 qori dan qoriah di Nagari Tiku Utara, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-V tingkat nagari, di Masjid Nurul Iman Bukik Lintang, Sabtu (15/8).

Kegiatan ini dibuka oleh Camat Tanjung Mutiara, Hidayatul Taufik, yang dihadiri Wali Nagari Tiku Utara, Amris, Forkopimca, masyarakat serta para orang tua qori dan qoriah.

Hidayatul Taufik menyebutkan, MTQ ini digelar sejalan dengan program Nagari Madani yang dicanangkan Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri beberapa tahun lalu.

“Melalui MTQ kita tingkatkan kecintaan generasi terhadap Al-Qur’an dan bukan hanya sebagai ajang perlombaan, tetapi MTQ merupakan sarana mencari ridha Allah SWT,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Nagari Tiku Utara, Amris mengatakan, dari 150 qori dan qoriah yang mengikuti MTQ berasal dari empat jorong yaitu Jorong Durian Kapeh, Cacang Randah, Cacang Tinggi dan Bukik Malintang.

“Mereka mengikuti empat cabang lomba seperti tilawatil, hafizh, adzan dan khutbah,” ujarnya.

Dikatakan, MTQ ini memperebutkan piala bergilir Wali Nagari Tiku Utara, dimana tahun lalu dimenangkan oleh Jorong Cacang Tinggi. Diharapkannya, melalui MTQ akan lahir qori dan qoriah yang akan membawa perubahan kepada nagari.

Menurutnya, MTQ digelar tidak hanya sekedar diperlombakan, tetapi lebih dari itu sebagai upaya untuk memotivasi masyarakat terutama generasi muda, agar lebih giat membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Pelaksanaan kali ini sudah yang ke-V dan kita berharap akan tetap berlangsung hingga tahun-tahun berikutnya,” sebutnya.

Disamping menjadi kegiatan tahunan, ulasnya, bahwa MTQ digelar juga sebagai memperingati tahun baru Islam 1442 Hijriah. Seiring dengan ini juga bakal dilaksanakan tabligh akbar dan shalat magrib berjamaah pada 19 Agustuas 2020, di Masjid Jamiak Cacang Tinggi. (t_m)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *