Menu

Tahun Ini Pemnag Biaro Gadang Bangun 2 Jaringan Irigasi

  Dibaca : 275 kali
Tahun Ini Pemnag Biaro Gadang Bangun 2 Jaringan Irigasi

Biaro Gadang, AMC -Sejak pemberlakuan tatanan kehidupan baru atau new normal, pemerintah nagari di Kabupaten Agam mulai merealisasikan program yang telah direncanakan sebelumnya, terutama kegiatan fisik meski tidak semua yang dapat dilaksanakan.

Seperti halnya di Nagari Biaro Gadang, Kecamatan Ampek Angkek. Tahun ini hanya 2 kegiatan fisik yang dapat direalisasikan, mengingat anggaran yang direfocusing untuk penanganan Covid-19.

Wali Nagari Biaro Gadang, Ishaq menjawab AMC, Kamis (6/8) menjelaskan, ke-2 kegiatan itu seperti pembangunan irigasi banda Bawah Anau sepanjang 165 meter, dengan anggaran Rp125 juta lebih. Kegiatan ini sudah hampir rampung, yang pengerjaannya dimulai sejak awal Juni 2020.

“Irigasi ini berada di tiga jorong seperti Jorong Tanjuang Alam, Tanjuang Medan dan Batang Buo,” ujarnya.

Kemudian lanjutan pembangunan irigasi Banda Ateh di Jorong Lungguak Muto sepanjang 159 meter, dengan anggaran Rp111 juta lebih yang pengerjaannya direncanakan mulai pekan depan.

“Kegiatan itu dikerjakan dengan swakelola, yang juga didampingi oleh pendamping desa, TNI dan Polri,” sebut Ishaq.

Menurutnya, pembangunan jaringan irigasi ini sangat penting, karena akan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengaliri air ke areal persawahan mereka, yang pada akhirnya berdampak kepada peningkatan hasil produksi pertanian.

Mengingat kondisi saat ini, banyak kegiatan yang dibatalkan termasuk pemberdayaan, karena anggaran yang direfocusing untuk penanganan Covid-19.

Namun, kegiatan yang sifatnya urgen harus tetap dilaksanakan seperti pelayanan kesehatan seperti penanganan stunting dan posyandu. (t_m)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional