Menu

Agam Peroleh Program Peningkatan Jaringan Irigasi Tersier Dari Kementerian PUPR

  Dibaca : 232 kali
Agam Peroleh Program Peningkatan Jaringan Irigasi Tersier Dari Kementerian PUPR

Lubuk Basung, AMC – Tahun ini, Kabupaten Agam mendapatkan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) di 52 lokasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kabid PSDA Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Agam Ofrizon, Kamis (6/8) mengatakan, P3-TGAI ini untuk meningkatkan saluran irigasi tersier di wilayah pertanian masyarakat.

“Di Sumatera Barat sebanyak 299 lokasi yang medapatkan P3-TGAI dari Kementerian PU PR. Alhamdulillah, sebanyak 52 titik diantaranya berada di 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Agam,” jelasnya.

Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri PUPR, Nomor 457/KPTS/M/2020, tentang penetapan daerah irigasi penerima program percepatan peningkatan tata guna air irigasi tahun anggaran 2020.

Ofrizon menjelaskan, ke 52 titik lokasi tersebut diantaranya, di Kecamatan Ampek sebanyak 9 lokasi, Kecamatan Lubuk Basung dan Banuhampu masing -masing 7 lokasi, Kecamatan Palupuah 6 Lokasi, Kecamatan IV Koto 4 lokasi, Kecamatan Baso dan Ampek Nagari masing-masing 3 lokasi.

Sedangkan di Kecamatan Matur, Tanjung Raya, Sungai Pua, Tanjung Mutiara, masing-masing sebanyak 2 lokasi, dan Kecamatan Canduang, Tilatang Kamang, Malalak, Kamang Magek, serta Palembayan, masing- masing sebanyak 1 lokasi.

“Pengerjaan irigasi ini, dilaksanakan oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), yang ada di daerah irigasi secara swakelola, dengan anggaran sebesar Rp.195 Juta untuk masing-masing titik,” tambahnya.

Ofrizon berharap, dengan ditingkatkanya saluran irigasi tersier yang ada dilahan pertanian masyarakat, semoga dapat memudahkan masyarakat dalam pengolahan lahan pertanian dan meningkatkan hasil panen. (HR)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional