Tanam Padi Sistem Jarwo di Canduang

  • Bagikan

Candung, AMC – Sebanyak 50 orang yang tergabung dalam Kelompok Tani Suntiang Mas Jorong Pasanehan Nagari Lasi Kecamatan Candung melakukan penanaman padi Jajar Legowo (Jarwo) varietas Randah Putiah di wilayah kecamatan itu.

“Padi Jajar Legowo ini ditanam dilahan kelompok tani yang memiliki lahan seluas 1,5 hektar, Selain memotivasi para petani kegiatan penanaman ini dalam rangka pendampingan ketahanan pangan (Ketapang),” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Agam Arief Restu saat dihubungi AMCNews.co.id. Senin (22/6).

Ia menerangkan pola tanam jarwo merupakan cara tanam padi dengan pola beberapa barisan tanaman yang diselingi satu barisan kosong dengan jarak tanam yang diatur sehingga memungkinkan petani menanam padi lebih banyak dari pola tanam sebelumnya.

“Sehingga dapat meningkatkan kualitas gabah dan mempermudah pemeliharaan seperti pemupukan, pengendalian hama penyakit serta dapat mengurangi hama tikus,” ujarnya.

Dijelaskan, kegiatan tersebut merupakan upaya meningkatkan hasil produksi padi di wilayah tersebut, dalam rangka ikut mensukseskan program pemerintah pusat dalam pencapaian swasembada pangan.

“Kita berharap, dengan adanya kegiatan tanam padi serentak ini mampu mendorong petani untuk lebih optimal menggarap sawah-sawah yang ada,” harapnya.

Disamping itu, kelompok tani juga didampingi oleh petugas penyuluh pertanian di lapangan agar terus mengawal dan membimbing para kelompok tani terutama dalam penerapan sistem tanam jajar legowo ini.

Kegiatan itu juga dihadiri, Forkopimca, Penyuluh Pertanian, Koordinator Pertanian Kecamatan Candung, Babinsa Nagari Lasi, dan anggota kelompok tani. Pihaknya juga menghimbau kepada Anggota Kelompok Tani dalam melakukan kegiatan dilapangan tetap mengedepankan disiplin protokol kesehatan untuk mencegah dan memutus mata rantai Covid-19. (Tim)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *