Baso Salurkan Bantuan Beras, Camat: Ini Gratis!

  • Bagikan

Baso, AMC – Hari ini, Sabtu (4/4), Pemerintahan Kecamatan Baso, Kabupaten Agam mulai menyalurkan bantuan beras kepada masyarakat yang terdampak wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Plt Camat Baso, Noviandi Ismail menyebutkan, beras yang merupakan bantuan dari Pemkab Agam sudah didroping ke nagari-nagari dan telah mulai disalurkan. Pihaknya menargetkan besok, Minggu (5/4) bantuan selesai disalurkan, karena semua nagari bergerak hari ini.

“Untuk Kecamatan Baso stok bantuan beras gratis sebanyak 42 ton lebih, yang akan disalurkan kepada masyarakat kehilangan pekerjaan dan penghasilan dampak Covid-19. Kemudian terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),” terangnya.

Ia menjelaskan, sesuai instruksi Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri untuk menerapkan pola social dan physical distancing dalam pencegahan penyebaran Covid-19 ini, bantuan disalurkan dengan cara diantarkan langsung ke rumah warga.

“Boleh wali nagari langsung mengantarkan, juga kepala jorong atau melalui tim khusus. Dengan catatan nagari harus memiliki data dan bisa dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

Ia menegaskan, bantuan ini gratis atau tidak dipungut biaya. Apabila ada oknum yang meminta pungutan untuk mendapatkan bantuan ini, warga diminta untuk melaporkannya.

Lebih jauh Noviandi Ismail mengungkapkan, selain bantuan beras dari kabupaten, pemerintahan nagari juga merencanakan menyiapkan bantuan sayur mayur, buah-buahan dan protein untuk msyarakat terdampak virus tersebut.

Namun untuk tahap pertama ini pihaknya baru menyalurkan bantuan beras dan ia mengharapkan nagari secepatnya menyiapkan bantuan itu, supaya bisa disalurkan sesegera mungkin. (t_m)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *