Menu

Tak Hanya Keindahan Alam, Adat Budaya dan Tokohnya Jadi Alasan Unbrah Pilih Sungai Batang Lokasi USR ke-4

  Dibaca : 246 kali
Tak Hanya Keindahan Alam, Adat Budaya dan Tokohnya Jadi Alasan Unbrah Pilih Sungai Batang Lokasi USR ke-4

Tanjung Raya, AMC – Universitas Baiturrahmah (Unbrah) Padang memilih Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam sebagai pusat pelaksanaan University Social Responsibility (USR) ke-4 memiliki alasan yang jelas. Bukan karena keindahan alamnya saja, tetapi juga adat budaya dan tokohnya.

Rektor Universitas Baiturrahmah, Prof. Musliar Kasim di Sungai Batang, Sabtu (22/2) menyebutkan, untuk pelaksanaan USR pihaknya sengaja memilih lokasi yang bisa dinikmati mahasiswa. Selama ini Sungai Batang dikenal dengan nagari kelahiran para tokoh baik nasional maupun internasional diantaranya, Buya Hamka dan banyak lainnya.

“Tidak hanya itu, kita juga termotivasi dengan budayawan asal Sungai Batang yaitu, Yus Dt Parpatiah. Ia memiliki banyak karya pepatah petitih yang dapat memotivasi mahasiswa tentang Minangkabau,” ujarnya.

Menurutnya, ketika mahasiswa ditempatkan di nagari yang memiliki kekuatan adat budaya dan tokoh terkenal, mereka akan mencari dan mengetahui seperti apa latar belakang tokoh tersebut.

“Bahkan delapan dari ratusan mahasiswa mengikuti USR ini diinapkan di rumah Yus Dt Parpatiah. Sebelumnya mereka belum tahu dengan budayawan ini. Sekarang sudah tahu setelah diketahui dari berbagai sumber,” sebut Mantan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Apalagi Buya Hamka, yang terlahir dari orang desa tapi bisa menjadi tokoh internasional. Tidak saja sebagai tokoh agama, tetapi juga budayawan memiliki intelektual yang luar biasa.

Putra Kabupaten Tanah Datar ini mengaku bahwa selama melaksanakan USR di Sungai Batang, semua mahasiswanya sangat terkesan di nagari ini.

“Diyakini nanti mereka mengabadikan keberadaanya di sini dan dapat memviralkan Sungai Batang. Sehingga diharapkan ke depan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke nagari ini,” tukasnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Martias Wanto saat membuka USR ke-4 mengungkapkan, kegiatan ini merupakan wujud partisipasi perguruan tinggi untuk mengetahui sekaligus melakukan pembinaan terhadap kehidupan kemasyarakatan di Sungai Batang.

“Kita berterimakasih kepada Universitas Baiturrahmah, karena dalam USR ini banyak program yang dilakukan salah satunya pelayanan kesehatan. Sehingga masyarakat dapat pemahaman bagaimana pola hidup yang sehat itu,” tuturnya.

Dijelaskan, tahun ini Agam mencanangkan Ayo ke Agam. Ini sekaligus menjadi momennya, karena 700 orang lebih akademisi dan mahasiswa baik dari dalam maupun luar Sumbar berkunjung ke Agam.

“Kita akan memperkenalkan objek wisata dan adat budaya yang ada. Sehingga setelah pelaksanaan USR, Agam tetap menjadi tujuan utama dalam pengabdian mahasiswa kepada masyarakat,” pungkasnya. (t_m)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional