Ponpes Parabek Wakili Sumbar di LSS Tingkat Nasional 2020

  • Bagikan

AMCNews.co.id — Prestasi gemilang kembali ditorehkan Pemerintah Kabupaten Agam melalui MTs Pondok Pesantren Parabek Kecamatan Banuhampu di akhir tahun 2019 ini.

Sekolah yang terletak di kecamatan pemasok sayur terbesar di Kabupaten Agam itu berhasil meraih juara 1 Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Provinsi Sumatera Barat.

LSS merupakan ajang perlombaan yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Sumbar, untuk menilai prestasi sekolah maupun madrasah dalam melaksanakan dan pengelolaan sekolah yang bersih dan sehat.

Penghargaan diserahkan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, kepada Kepala Sekolah MTs Ponpes Parabek, Nofitri, di Auditorium Gubernuran Sumbar, Selasa (3/12/19).

Atas prestasi itu, MTs Parabek berhak atas reward berupa tabanas sebesar Rp11.500.000, ditambah tropi dan piagam penghargaan dari Gubernur Sumbar.

“Maka Ponpes Parabek berhak mewakili sekolah setingkat SMP/MTS se-Provinsi Sumbar dalam lomba yang sama di tingkat nasional tahun 2020 mendatang,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam, Isra, via ponsel, Selasa (3/12/19).

Isra menjelaskan, Ponpes Parabek bisa meraih juara satu, dikarenakan sekolah tersebut telah memenuhi tiga pokok program UKS. Yakni pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat.

“Kita bangga dengan Madrasah Parabek yang jumlah siswanya lebih 1.000 orang, tapi tetap bisa memahami dan mengamalkan pendidikan kesehatan serta bisa memberikan pelayanan kesehatan jika warga sekolah sakit,” ujarnya.

Ia menilai, lomba sekolah sehat ini merupakan salah satu program yang mensinergikan sektor pendidikan dengan sektor kesehatan.

“Karena tujuannya meningkatkan kemampuan dan kebiasaan pola hidup sehat dalam rangka pembentukan manusia yang berkarakter,” terang Isra menambahkan.

Untuk itu, ia berharap dukungan semua pihak untuk mempersiapkan MTs Parabek menghadapi lomba di tingkat nasional. (AMC06)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.