Menu

Pemkab Agam Gelar FGD Bersama Tim Peneliti Universitas Terbuka

  Dibaca : 108 kali
Pemkab Agam Gelar FGD Bersama Tim Peneliti Universitas Terbuka

AMCnews.co.id — Bupati Agam diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Martias Wanto Dt Maruhun membuka Focus Group Discussion (FGD) tentang transformasi tata kelola pemerintahan nagari di aula antor Bupati Agam, Selasa (3/12).

FGD dilakukan bersama tim peneliti dari Universitas Terbuka yaitu, Prof. Dr. Chanif Nurcholis, Dr. Siti Aisyah dan Dra. Ace Sriati Rachman, M.Si,. Kegiatan ini juga dihadiri tim ahli bupati perumusan Perda Nagari, Kepala DPMN, Teddy Martha, Bappeda Agam, Welfizar, camat, wali nagari dan pelaku sejarah perjalanan pemerintah nagari.

Martias Wanto mengatakan, nagari suatu wilayah yang ditempati komunitas adat Minangkabau, dengan ikatan genealogis secara matrilineal. Bahkan nagari memiliki aturan sendiri untuk mengatur tata kehidupan masyarakatnya, dengan berbagai perangkat tatanan sosial budaya.

“Bagi masyarakat Minangkabau, nagari adalah legacy yang mencakup identitas kultural, inkubator perubahan sosial, pandangan hidup dan regeling,” ujarnya.

Apabila ditinjau dari sisi historis nagari telah eksis sejak dahulunya, bahkan jauh sebelum sejarah Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Nagari terbetuk sebagaimana suatu organisasi sosial tradisional, yang berkembang melalui tahapan-tahapan relatif sederhana.

Dengan demikian, tata kelola pemerintahan nagari di Kabupaten Agam terus berubah secara gradual dan proses tranformasi akan terus berlanjut. Jika dilihat menurut sejarahnya, perkembangan pemerintahan nagari telah melalui tiga periodisasi.

“Periodisasi dimaksud yaitu, zaman kerajaan, penjajahan dan pasca kemerdekaan,” sebutnya.

Ia menjelaskan, pada pasca kemerdekaan, terdapat pola pemerintahan yang mewarnai perkembangan nagari yaitu, orde lama, orde baru dan reformasi. Perkembangan inilah yang melandasi keinginan masyarakat Agam untuk mengembalikan sistem pemerintahan terendah ke pemerintahan nagari atau babaliak banagari. (AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional