Menu

Tumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan, DLH Agam Gelar Lomba Melukis dan Cipta Baca Puisi

  Dibaca : 123 kali
Tumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan, DLH Agam Gelar Lomba Melukis dan Cipta Baca Puisi

AMCnews.co.id — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Agam menggelar lomba melukis dan cipta baca puisi tingkat pelajar. Lomba tersebut bertemakan penyelamatan Danau Maninjau dan Batang Agam, di Hotel Nuansa Kecamatan Matur, Selasa (5/11).

Kegiatan ini digelar dalam rangka menumbuhkembangkan karakter peduli lingkungan kepada generasi. Lomba dibuka secara resmi oleh Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri, turut dihadiri Kepala DLH Agam, Hamdi, Kepala Disdikbud Agam, Isra dan guru pembimbing

Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri mengapresiasi dan menyambut baik pelaksanaan lomba, karena telah mengangkat tema yang sesuai program strategis daerah yaitu penyelamatan Danau Maninjau dan Batang Agam. Ini salah satu bentuk upaya untuk mendidik anak agar peduli terhadap lingkungan.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendidik anak agar peduli, empati, mencintai dan ikut terlibat menjaga lingkungan. Kegiatan ini diharapkan kembali digelar tahun depan.

“Kita menyambut baik pelaksanaan lomba, karena lokasi objeknya sudah tepat seperti Danau Maninjau dan Batang Agam. Kedua objek saat ini banyak persoalan terutama masalah pencemaran,” ujar bupati dua periode itu.

Seperti Danau Maninjau, dulunya ini danau yang indah, bahkan masuk lima danau terindah di dunia. Namun seiring berjalannya waktu, danau yang dulu dibanggakan itu sudah tercemar akibat aktivitas budidaya ikan dengan KJA di danau.

“Untuk menguras sedimen akibat pakan ikan yang menumpuk di dasar danau, akan menghabiskan anggaran sekitar Rp1,3 triliun. Ini kerugian yang sangat besar bagi masyarakat akibat tercemarnya danau tersebut,” sebut bupati yang akrab disapa IC.

Untuk itu, IC merasa senang karena lomba ini fokusnya terhadap keindahan dan kerusakan. Para guru diminta untuk mengajarkan anak didik peduli terhadap lingkungan, karena kerusakan disebabkan ulah manusia itu sendiri.

Bupati Inovatif 2019 itu berharap karya anak didik menjadi media dalam mensosialisasikan penyelamatan Danau Maninjau dan Batang Agam. Sehingga dapat diterima oleh masyarakat dan meningkatkan kesadaran dalam menjaga lingkungan.

Sementara itu, Kepala DLH Agam, Hamdi menyebutkan, lomba melukis diikuti murid SD sebanyak 32 orang dari 16 kecamatan, cipta baca puisi siswa SMP 32 orang, berasal dari delapan kecamatan yang berada di kawasan Danau Maninjau dan Batang Agam. Kemudian lomba foto handphone tingkat SMA se-Agam diikuti 221 orang, yang telah dimulai beberapa hari lalu.

“Masing-masing kategori lomba disediakan hadiah untuk juara I Rp7,5 juta, juara II Rp5 juta dan juara III Rp2,5 juta. Bagi pemenang hadiahnya bakal diserahkan bersamaan dengan penyerahan hadiah TdS etape V di Ambun Pagi,” jelas Hamdi. (AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional