Menu

Pemkab Agam-PKK Gelar Festival Cipta Menu B2SA

  Dibaca : 153 kali
Pemkab Agam-PKK Gelar Festival Cipta Menu B2SA

AMCNews.co.id — Pemerintah Kabupaten Agam menggelar festival Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA) tingkat Kabupaten Agam 2019, yang dipusatkan di halaman kantor Camat Palupuh, Rabu (30/10).

Kegiatan yang dimotori oleh kader PKK se-Agam dan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Agam itu di buka resmi oleh Bupati Agam yang diwakili Asisten Politik, Pemerintahan dan Hukum, Rahman.

Turut dihadiri juga oleh Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Agam, Ny. Candra Trinda Farhan, anggota DPRD Agam, Hendrizal, Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam Ermanto, Camat Palupuh Hasrizal, dan wali nagari se- Palupuh.

“Atas nama pemerintah daerah kami mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya kegiatan festival cipta menu pangan B2SA. Semoga momentum ini dapat memantapkan kemandirian pangan di Kabupaten Agam,” kata Rahman dalam sambutannya.

Rahman menambahkan, kegiatan ini searah dengan program pemerintah daerah yakni, meningkatkan sumber daya manusia yang sehat dan cerdas melalui penerapan konsumsi pangan lokal.

Penganekaragaman pangan, jelas Rahman, selain dapat mengurangi peningkatan konsumsi beras, sekaligus menumbuhkan minat masyarakat untuk mengolah potensi bahan pangan lokal menjadi pangan yang sehat dan memiliki nilai ekonomis.

“Oleh karena itu saya berharap melalui festival ini bisa meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam pengembangan pangan lokal di Kabupaten Agam,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua PKK Kabupaten Agam Ny. Candra Trinda Farhan mengatakan, melalui pemanfaatan dan pengembangan sumber daya lokal secara optimal dan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi pangan keluarga, serta dalam meningkatkan gizi untuk mencegah terjadinya stunting pada anak.

Ia menjelaskan kondisi objektif menunjukkan pola masyarakat cenderung kurang beragam, baik dari jenis pangan maupun keseimbangan gizi.

Konsumsi sayur dan buah, pangan hewani dan umbi-umbian menurutnya perlu ditingkatkan untuk kebutuhan gizi keluarga.

“Keberagaman jenis pangan dan keseimbangan gizi dalam konsumsi pangan sangat dibutuhkan, dengan terpenuhinya gizi dalam keluarga akan mencegah terjadinya stunting dan generasi ke depan akan lebih sehat dan cerdas,” terang Ny. Candra.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Agam, Ermanto menuturkan, kegiatan festival cipta menu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA, serta mendorong dan meningkatkan kreativitas serta inovasi masyarakat dalam mengembangkan dan menciptakan menu B2SA berbasis pangan lokal.

“Peserta diikuti oleh kader PKK utusan dari 16 kecamatan di Kabupaten Agam. Bagi para pemenang terbaik nanti akan maju mewakili Kabupaten Agam ke tingkat Provinsi Sumbar,” jelasnya mengakhiri. (AMC06)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional