Meriahkan HUT ke-26 Ibukota Agam, Ratusan Bundo Kanduang Manjujuang Jamba

  • Bagikan

AMCnews.co.id — Ratusan bundo kanduang Kecamatan Lubuk Basung, diarak sambil “manjujuang jamba” dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-26 perpindahan Ibukota Kabupaten Agam dari Kota Bukittinggi ke Lubuk Basung.

Arak-arakan jamba dimeriahkan dengan tambua tansa dari kantor Bappeda Agam melintasi kantor bupati, menuju rumah Dinas Bupati Agam.

Sebelumnya Pemkab Agam juga menggelar upacara di halaman kantor bupati daerah itu.

Kabag Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Agam, Hilton selaku koordinator acara menyebutkan, ratusan jamba berasal dari OPD, kecamatan, nagari se-Kecamatan Lubuk Basung, sekolah se -Kecamatan Lubuk Basung dan lainnya.

“Jamba diarak mulai dari Kantor Bappeda Agam menuju rumah dinas bupati. Kemudian dilanjutkan makan bajamba secara adat Minangkabau yang diawali dengan penampilan pidato adat,” ujarnya.

Makan bajamba tersebut diikuti Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri, Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria, Forkopimda Agam, ninik mamak dan bundo kanduang se-Kecamatan Lubuk Basung serta masyarakat Lubuk Basung.

Disebutkan, kegiatan itu dilakukan setiap tahun yang pelaksanaannya digelar secara adat Minangkabau. Tidak hanya diacara memperingati kepindahan ibu kota, makan bajamba juga digelar disetiap kegiatan baik pemerintahan maupun nagari.

Menurutnya, makan bajamba di Kabupaten Agam tidak asing lagi. Bahkan telah menjadi kebiasaan bagi masyarakat dan secara langsung dapat melestarikan adat dan budaya Minangkabau, serta memperkenalkannya kepada generasi muda. (AMC05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *