Belum Setahun Berdiri, BUMNag Balingka Berjaya Masuk Delapan Besar Terbaik Sumbar

  • Bagikan

AMCNews.co.id — Tim penilai Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) terbaik Sumatera Barat, melakukan kunjungan lapangan ke BUMNag Balingka Berjaya, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Senin (15/7).

Kegiatan itu dihadiri Bupati Agam, diwakili Kepala DPMN Agam, Teddy Martha, Kepala Disdikbud Agam, Isra selaku tokoh masyarakat, Camat IV Koto, Rahmi Artati, Wali Nagari Balingka, Armen dan warga sekitar.

Kepala DPMN Agam, Teddy Martha mengatakan, BUMNag Balingka salah satu badan usaha dari delapan daerah di Sumbar yanh dikunjungi tim penilai dari provinsi setelah melalui verifikasi administrasi beberapa waktu lalu.

Teddy menjelaskan, dari 82 Nagari yang ada di Kabupaten Agam, 74 nagari diantaranya telah mendirikan BUMNag. Sementara itu, yang sudah aktif baru 41 BUMNag dan 33 nagari masih membenahi kelembagaan serta mempersiapkan penyertaan modal.

“Sedangkan delapan nagari lainnya belum mendirikan badan usaha. Mudah-mudahan tahun ini seluruh nagari di Agam telah memiliki BUMNag,” ujarnya.

BUMNag di Kabupaten Agam rata-rata baru mulai bergerak diberbagai bidang usaha diantaranya, usaha perdagangan, sarana produksi pertanian, jasa pengelolaan air bersih, persampahan dan lainnya.

Namun, dari sekian banyak BUMNag yang ada di Kabupaten Agam, pemerintah daerah telah melakukan evaluasi dan menetapkan BUMNag Balingka Berjaya sebagai BUMNag terbaik di daerah itu.

“BUMNag Balingka Berjaya belum setahun didirikan dan telah menjalankan kegiatan usaha seperti perdagangan bahan bangunan, pengelolaan sampah serta pengelolaan air bersih,” sebutnya.

Usaha itu telah memperlihatkan prospek yang baik terbukti omsetnya terus meningkat dari bulan ke bulan. Untuk mendukung usaha yang dikelola BUMNag Balingka Berjaya, pemerintahan nagari telah memberikan penyertaan modal sebesar Rp364.904.502,-, yang dilaksanakan dua tahap yaitu tahun 2018 dan 2019.

Teddy menyebutkan, usaha yang dijalankan BUMNag Balingka Berjaya sudah berjalan cukup baik. Namun, juga perlu ditingkatkan dan dikembangkan untuk kedepannya.

Kendati demikian, penilaian yang dilakukan tim provinsi, hendaknya dapat menjadi motivasi dan semangat bagi pengelola BUMNag, pemerintahan nagari dan masyarakat untuk tetap berbuat serta berinovasi memberikan yang terbaik bagi kepentingan ekonomi masyarakat.

Ketua tim penilai Melinda Agustin mengucapkan selamat kepada BUMNag Balingka Berjaya berhasil masuk delapan besar setelah seleksi administrasi. Sehingga saat ini bisa dilakukan kunjungan lapangan terhadap badan usaha tersebut.

“BUMNag Balingka Berjaya sudah melakukan usaha dan perkembangannya cukup baik diusianya yang masih sangat muda,” sebutnya.

Indikator penilaian yang dilakukan berdasarkan administrasi, kelembagaan, keuangan, partisipasi dan inovasi dari masyarakat.

“Semoga BUMNag Balingka Berjaya berhasil menjadi terbaik dan sekaligus mewakili Sumbar ke tingkat Nasional,” ujarnya sembari memberikan semangat kepada warga. (AMC05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *