Program TMMD ke 105, Kodim 0304 Agam Bangun Jalan Baru di Palembayan

  • Bagikan

AMCNews.co.id — Kodim 0304 Kabupaten Agam berencana membangun jalan baru sepanjang 2,2 kilometer dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 tahun 2019.

Perencanaan pembuatan jalan senilai kurang lebih Rp.1 miliar tersebut berlokasi di Jorong Sungai Puar Nagari Sungai Puar Kecamatan Palembayan

“Dalam TMMD kali ini, total panjang jalan yang akan dibangun mencapai 2,2 kilometer,” ujar Dandim 0304 Kabupaten Agam Viktor Andhyka Tjokro, saat menghadiri rapat koordinasi persiapan pelaksanaan TMMD ke-105, Kamis (27/6) di aula kantor bupati setempat.

TMMD yang digelar tiga kali dalam setahun merupakan program sangat strategis karena mampu membangun 150 desa setiap tahun.

Selain membangun infrastruktur fisik, Viktor menjelaskan program TMMD yang akan resmi dibuka secara serentak pada tanggal 10 Juli mendatang ini juga akan membangun sejumlah sarana dan prasarana non fisik lainnya, seperti rehabilitasi rumah tidak layak huni, penyuluhan kesehatan dan pertanian, penyuluhan keamanan dan sosialisasi tentang bahaya narkoba.

“Sebelum nanti diresmikan, kita sudah melaksanakan pra-kerja dan pra-tinjau pekerjaan jalan sepanjang 1,2 kilometer serta menumbangkan pohon yang akan diguanakan sebagai jalan,” jelasnya.

Viktor berharap, melalui kegiatan TMMD dapat membantu program percepatan pembangunan di daerah pinggiran, sehingga memberikan manfaat kepada masyarakat dari aspek ekonomi dan peningkatan kesejahteraan.

Menyikapi hal itu, Sekretaris Daerah Martias Wanto, mengharapkan momentum kemanunggalan yang akan dilaksanakan TNI nanti bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat setempat.

“Oleh sebab itu, kita harapkan nanti peran aktif masyarakat untuk mendukung penuh pelaksanaan manunggal,” ujar sekda.

Lebih jauh, sekda menjelaskan, bahwa dana kegiatan TMMD tahun ini tidak lagi dihibahkan kepada TNI setelah terjadinya perubahan regulasi pada 2017, sehingga swakelola dananya saat ini dikelola oleh Dinas PU Kabupaten Agam.

“Kendati demikian, kita berharap nilai akhir dari TMMD ini jauh lebih baik dari kegiatan sebelumnya, karena kita melibatkan masyarakat dan sejumlah perangkat ASN untuk ikut dalam bergotong royong nanti,” terangnya. (AMC06)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *