Menu

Pemkab Agam Peringati Hari Otoda ke-23 dan Hardiknas Tahun 2019

  Dibaca : 194 kali
Pemkab Agam Peringati Hari Otoda ke-23 dan Hardiknas Tahun 2019

AMCnews.co.id — Pemerintah Kabupaten Agam, gelar upacara dalam rangka peringati Hari Otonomi Daerah ke-23 dan Hari Pendidikan Nasional tahun 2019, di lapangan Kantor Bupati Agam, Kamis (2/5).

Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri bertindak selaku inspektur upacara (Irup). Turut hadir Sekda Agam, Martias Wanto Dt Maruhun, Forkopimda, Kepala OPD, jajaran tenaga pendidik se-Agam dan lainnya.

Dalam upacara tersebut, bupati membacakan amanat Menteri Dalam Negeri, yang mengapresiasi kepada seluruh komponen pemerintah daerah dan masyarakat atas partisipasinya dalam penyelenggaraan pemilu serentak 2019.

Tema yang diangkat di Hari Otoda tahun ini adalah “meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia lebih baik, melalui penyelenggaraan Otonomi Daerah yang kreatif dan inovatif”.

“Perjalanan Otoda pasca reformasi hingga sekarang dapat dikatakan banyak kemajuan dan telah berikan solusi, untuk mendorong kemajuan pembangunan daerah dalam mengembangkan kreativitas dan inovasinya,” ujarnya.

Menurutnya, ada beberapa prinsip yang berubah secara dratis setelah diberlakukannya otonomi daerah dan kebijakan desentralisasi diantaranya, Otoda secara nyata telah mendorong budaya demokrasi di tengah kehidupan masyarakat.

Pada kesempatan itu, bupati juga sampaikan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Pada peringatan Hardiknas tahun ini tema yang diangkat adalah “menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan”.

“Dalam perspektif Kemendikbud, pembangunan SDM menekankan dua penguatan yaitu, pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja.

Menurutnya, hadirnya revolusi industri 4.0 telah mempengaruhi cara hidup, bekerja dan belajar. Perkembangan teknologi yang semakin canggih, dapat mempengaruhi cara berpikir, berprilaku dan karakter peserta didik.

“Kita tidak dapat menutup mata terhadap berbagai keterbatasan yang masih ada, dalam proses pembangunan pendiikan dan kebudayaan di tanah air. Kita masih dihadapkan pada kompleksitas masa guru dan tenaga kependidikan,” sebutnya.

Untuk itu, pada peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini, mari konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan SDM yang dilandasi karakter kuat, keterampilan mumpuni dan kecakapan yang tinggi. Sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman semakin kompetitif. (AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional