Menu

Peringatan HKG PKK ke-47, Indra Catri: PKK Agam Seperti Juventus

  Dibaca : 242 kali
Peringatan HKG PKK ke-47, Indra Catri: PKK Agam Seperti Juventus

AMCNews.co.id — Tim Penggerak PKK Kabupaten Agam menggelar puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-47 di Aula Bappeda Agam, Senin (24/4).

Kegiatan itu juga dibarengi dengan Peringatan Hari Kartini tahun 2019.

Peringatan kali ini mengambil tema “Kita Tingkatkan Gerakan Kinerja Selaras dengan Program Pemerintah”, sejalan dengan Rapat Kerja Daerah TP PKK Agam.

Kegiatan itu juga ditandai dengan pemotongan nasi kunyit oleh Ketua TP PKK Agam Ny. Vita Indra Catri yang didampingi Bupati Agam Dr. Indra Catri, Wakil Ketua TP PKK Agam, Ny. Candra Trinda Farhan, Ketua Dharmawanita Agam, Ny. Eva Martias Wanto beserta beberapa kepala OPD terkait.

Pada kesempatan itu, Ketua TP PKK Agam Ny. Vita Indra Catri memberikan penghargaan Pin Emas Adibakti Madya kepada lima orang pengurus PKK yang sudah bekerja 15 tahun tanpa putus.

Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan sejarah singkat PKK yang dibacakan oleh Wakil Ketua TP PKK Agam, Ny. Candra Trinda Farhan.

Sebelum puncak peringatan, telah dilaksanakan berbagai kegiatan sejak bulan Februari 2019, di antaranya lomba cipta menu masakan serba ikan.

Ny. Eva Martias Wanto, selaku ketua panitia, dalam laporannya mengatakan, peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK tahun 2019 ini bertujuan guna meningkatkan pemahaman segenap jajaran tim penggerak PKK, hingga masyarakat serta seluruh komponen bangsa tentang keberadaan, program dan kegiatan PKK.

“Dengan memberdayakan kesejahteraan keluarga dan memotivasi kader dan masyarakat untuk lebih tahu, mau dan mampu melaksanakan program-program PKK serta terus aktif mendukung kegiatan PKK,” ujarnya.

Sementara itu, menurut Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Agam, Ny. Vita Indra Catri, mengatakan bahwa pada momen ini harus menjadi momentum menyamakan pandangan visi dan misi serta meningkatkan fungsi kinerja gerakan PKK dengan bakti dan karya nyata dengan melakukan hal-hal yang positif.

“Seperti yang terkandung dalam tema bahwa Tim Penggerak PKK ialah mitra kerja pemerintah yang secara konsisten wajib mengiringi, serta mendukung kebijakan program pemerintah,” ujarnya.

Terkait pelaksanaan HKG PKK ke-47, Ny. Vita Indra Catri, menyampaikan terima kasih atas partisipasi aktif para pengurus PKK dari tingkat nagari hingga kabupaten dalam memeriahkan rangkaian peringatan HKG.

Ny. Vita berharap agar peringatan tersebut tidak menjadi seremonial semata. Namun dapat meningkatkan peranan pengurus dan kader PKK di tengah-tengah masyarakat.

“PKK perlu menjaga sinergitas dengan pemerintah dan meningkatkan peran mewujudkan masyarakat yang sejahtera,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Agam Dr. Indra Catri mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh PKK Kabupaten Agam. Menurutnya, PKK harus turut berkontribusi dalam pembangunan daerah yang dimulai dari keluarga.

“PKK telah teruji keberadaannya, telah memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat, untuk itu teruslah berkontribusi dalam pembangunan daerah yang dimulai dari keluarganya sendiri,” ujarnya.

Hal itu menurut bupati, telah dibuktikan melalui hasil prestasi yang ditorehkan PKK baik tingkat nasional maupun provinsi.

“Saya apresiasi PKK sudah meraih 6 kali juara umum HKG PKK tingkat provinsi. Ibarat Juventus, sudah enam kali scudetto,” ujar bupati.

Oleh sebab itu, sikap juara tersebut menurut bupati harus ditanamkan kepada seluruh kader PKK sehingga menjadi semangat dan energi baru untuk lebih baik ke depannya.

“Prestasi ini bagian dari kebanggaan dan sejarah bagi negeri. Untuk itu pertahankan prestasi ini dimasa mendatang,” pinta bupati.

Terkait keselarasan PKK dengan program pemerintah, bupati mengharapkan agar kader PKK untuk terus bersinergi dalam mensukseskan gerakan pembangunan daerah. Seperti, Gerakan Nagari Madani, peningkatan UMKM, gerakan kembali ke masjid, magrib mengaji dan ikhlas berzakat.

“Apabila keselarasan ini terbangun, maka proses pembangunan bisa dilaksanakan dengan cepat,” ujar bupati.

Puncak HKG PKK ke-47 Agam dihadiri para ketua organisasi wanita, para kepala OPD, camat, dan para pengurus PKK. Di akhir kegiatan, diumumkan pemenang berbagai lomba. (AMC06)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional