Menu

45 SMP di Agam Akan Laksanakan UNBK Pada Tahun Ini

  Dibaca : 256 kali
45 SMP di Agam Akan Laksanakan UNBK Pada Tahun Ini

AMCnews.co.id — Sebanyak 45 dari 61 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Agam, melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada 22-25 April 2019 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Agam, Drs. Isra, Dt Bandaro di ruangan kerjanya, Senin (15/4) mengatakan, SMP yang akan menyelenggarakan UNBK tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya, yang hanya sebanyak 36 SMP.

Sedangkan siswa yang akan ikuti UN tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 4.909, dengan rincian 3.949 ikuti UNBK dan 960 UNKP. Ditargetkan tahun depan seluruh SMP di daerah itu sudah UNBK.

“Saat ini ada 16 SMP lagi yang belum ikuti UNBK atau masih UNKP, karena belum tersedianya jaringan internet dan perangkat komputer yang tidak mencukupi,” ujarnya.

SMP yang masih UNKP seperti di Kecamatan Tanjung Mutiara SMPN 2 dan SMPN 3. Kecamatan IV Nagari SMPN 2, SMPN 3 dan SMPN 4. Kecmatan Palembayan SMPN 2, SMPN 3 dan SMPN 6. Kemudian Kecamatan Palupuah SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3 dan SMPN 4. Kecamatan Malalak SMPN 1, SMPN 2 dan SMPN 3. Kemacatan Banuhampu SMP Muhammadiyah.

“Untuk pelaksanaan UNBK, tahun ini 20 sekolah mendapatkan bantuan komputer, dengan rincian sembilan unit melalui DAK, APBD enam unit dan APBN lima unit,” sebutnya.

Pihaknya akan upayakan tahun depan seluruh SMP di daerah itu bisa laksanakan UNBK. Bahkan kembali mengusulkan bantuan komputer untuk membantu sekolah yang masih UNKP.

Di samping itu, Disdikbud juga diharapkan Dinas Kominfo Kabupaten Agam, untuk ketersediaan jaringan internet diseluruh nagari, agar sekolah yang ada dapat memanfaatkan jaringan untuk pelaksanaan UNBK.

Menurutnya, seluruh SMP sudah miliki komputer, tapi belum mencukupi untuk pelaksanaan UNBK. Minimal sekolah miliki komputer sepertiga dari jumlah peserta ujian, karena setiap harinya ujian maksimal tiga sif. (AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional