Sosialisasi Pemilu 2019, Pemkab Agam Berupaya Lahirkan Pemilih Cerdas

  • Bagikan

AMCnews.co.id — Pelaksanaan Pemilu 2019 tinggal hitungan hari. Pemerintah Kabupaten Agam berupaya melahirkan pemilih yang cerdas dan cakap dalam memanfaatkan hak pilihnya.

Upaya yang dilakukan Pemkab Agam seperti, sosialisasi Pemilu 2019 untuk pemilihan presiden dan wakil presiden serta legislatif bagi pemilih pemula, di Nuansa Resort Hotel, Jum’at sampai Minggu (29-31/3).

Asisten I Bidang Hukum Pemerintahan Politik Setda Kabupaten Agam, Rahman saat buka sosialisasi mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan itu. Menurutnya, kegiatan itu sangat bermanfat untuk mengantisipasi potensi gangguan atau konflik yang akan muncul di lapangan.

Konflik yang sering terjadi, katanya disebabkan adanya sikap kurang saling menghormati antar sesama masyarakat yang berbeda pilihan.

“Mengatasi hal itu, perlu diberikan pengetahuan dan pemahaman yang baik bagi pemilih pemula, agar mereka tau arti pemilu dan ikut menentukan pilihan terbaiknya saat pemilu nanti,” ujarnya.

Diharapkan kegiatan ini dapat memancing dan mendorong partispasi masyarakat memberikan hak pilih. Generasi juga diminta ikut mengamankan pemilu di samping menyalurkan hak pilihnya pada 17 April 2019 mendatang.

Panitia pelaksana Syefli Yusuf mengatakan, sosialisasi digelar dibagi tiga angkatan dengan jumlah peserta 300 orang. Seluruh peserta merupakan pemilih pemula dari SMA sederajat se-Agam.

Dalam hal ini panitia mendatangkan narasumber dari Pemkab Agam, Bawaslu Agam, KPU Agam dan Forkopimda Agam.

Dikatakannya, kegiatan ini digelar agar pemilih pemula benar-benar memahami segala sesuatu yang terkait dengan proses pemilu. Tujuannya diharapkan terbentuk pemilih cerdas, yang sadar menggunakan hak pilihnya dan dapat memiliih wakil berkualitas di parlemen, demi kebaikan masa depan bangsa dan negara. (AMC05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *