Menu

Tanjung Mutiara Launching Gebyar IVA Test Deteksi Kanker Rahim

  Dibaca : 375 kali
Tanjung Mutiara Launching Gebyar IVA Test Deteksi Kanker Rahim

AMCNews.co.id — Kecamatan Tanjung Mutiara melaunching gebyar pelaksanaan deteksi dini kanker serviks melalui IVA Test untuk wanita usia subur di daerah itu. Pelaksanaan itu ditandai dengan penandatanganan komitmen terhadap pelaksanaan deteksi kanker serviks.

Tujuan kegiatan Gebyar IVA Test adalah meningkatnya pengetahuan masyarakat tentang penyakit kanker leher rahim dan pencegahannya. Karena penyakit kanker merupakan jenis kanker yang menempati peringkat teratas sebagai penyebab kematian wanita dunia.

Kegiatan itu juga merupakan serangkaian TP-PKK Kecamatan Tanjung Mutiara berhasil mewakili Kabupaten Agam pada lomba Gerakan PKK kategori IVA Test, yang akan dinilai pada 2 April 2019.

Ketua TP-PKK Kabupaten Agam, Ny. Vita Indra Catri, usai melaunching acara tersebut Jum’at (15/3) di Tiku V Jorong, kepada AMCNews.co.id mengapresiasi atas semangat kader PKK kecamatan, nagari dan perangkatnya dalam mendukung dan mengajak masyarakat untuk mau melakukan pemeriksaan IVA Test. Tidak hanya itu, Ny. Vita juga melihat animo semua stakeholder kecamatan, ninik mamak, forkopimca, tokoh masyarakat, pemuda dan Bundo Kanduang Kecamatan Tanjung Mutiara.

“Bahkan sebanyak 50 orang karyawan PT. Mutiara Agam saat ini melakukan IVA Test. Kalau bisa semua karyawan,” ujar Ny. Vita di hadapan Dirut Operasional PT. Mutiara Agam, Afan.

Ia berharap, melalui pelaksaan IVA Test yang telah dilaksanakan Tanjung Mutiara sebagai perwakilan Kabupaten Agam ke tingkat provinsi nanti, bisa menjadi pemicu dan semangat bagi kader PKK lainnya dalam memberikan penyuluhan terhadap pentingnya pemeriksaan IVA Test. Menyikapi hal itu, Dirut Operasional PT. Mutiara Agam Afan, menyatakan dukungannya untuk mensukseskan program nasional itu. Hal itu dibuktikan sekitar 50 orang karyawati PT. Mutiara Agam ikut pada pelaksanaan gebyar deteksi kanker serviks dini hari ini.

“Saya sangat mendukung kegiatan IVA Test yang dilakukan kader PKK kecamatan dan kabupaten demi meningkatkan kesehatan masyarakat. Kita seratus persen menyuport kegiatan ini, setelah ini kita akan intruksikan kepada seluruh karyawati di PT. Mutiara Agam,” terangnya.

Terkait antusiasnya masyarakat yang hadir, Camat Tanjung Mutiara, Yogi Astarian, selaku Pembina PKK kecamatan juga mengaku kaget dan tersanjung atas kehadiran masyarakat bersama seluruh perangkat nagari dalam mendukung program IVA Test. Camat pun menceritakan kronologi pelaksanaan dan penyuluhan yang dilakukan pihaknya bersama PKK kecamatan untuk mengajak masyarakat untuk ber-IVA Test.

“Awalnya kami cuma menargetkan untuk seluruh pegawai di lingkungan Kantor Camat dan Pemerintah Nagari, ditambah kader PKK. Namun, seiring dengan waktu dan kedekatan emosional kami melalui tokoh masyarakat dan akhirnya kesadaran itu pun muncul sendiri. Begitu juga apresiasi yang tinggi kita ucapkan kepada pihak PT. Mutiara Agam yang bersedia mendukung program kesehatan ini. Semoga ke-depannya kerjasama ini akan terus berlanjut,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang karyawan PT. Mutiara Agam, Jasmani (35), mengatakan efek yang dirasakan setelah pemeriksaan IVA Test. Sebelum melakukan pemeriksaan, Ia merasakan takut dan cemas karena pemeriksaan IVA Test diisukan sakit.

“Ternyata dugaan saya salah. Gak sakit kok. Malahan setelah dilakukan pemeriksaan rasanya itu badan lebih segar, pokoknya bagi masyarakat yang ingin melakukan jangan takut,” ujarnya. (AMC06)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional