Menu

Waspada DBD, Dinkes Agam Imbau Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

  Dibaca : 204 kali
Waspada DBD, Dinkes Agam Imbau Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

AMCNews.co.id — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Agam, mencatat sebanyak 126 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) terjadi di Kabupaten Agam selama 2018.

Kasi Penanganan dan Pencegahan Penyakit Menular Betlinizar pada AMCNews.co.id, Jum’at mengatakan, catatan dari jumlah tersebut, penyakit yang lebih dikenal dengan demam berdarah ini disebabkan oleh gigitan dari nyamuk Aedes Aegipty.

“Aedes Aegipty dikenal sebagai nyamuk elite, ia berpopulasi pada genangan air bersih, seperti diantaranya, bak mandi, sumur, genangan air pada kaleng-kaleng bekas, dan dilain itu juga pada pakaian yang digantung dalam rumah,” ujarnya.

Dikatakan, dari 126 kasus tersebut, 15 dari 16 kecamatan terkena DBD diantaranya, Lubuk Basung 58 kasus, Tanjung Mutiara 3 kasus, Palembayan 6 kasus.

“Kecamatan Lubuk Basung memiliki pasien terbanyak dengan 58 orang pasien DBD sepanjang tahun 2018,” ujarnya lagi.

Lebih lanjut ia mengatakan, penanganan pada DBD tersebut, Puskesmas didampingi dari Dinkes turun ke lokasi melaksanakan Penyelidikan Epidemiologi (PE) yang diantaranya, memastikan apakah memang pasien itu bisa dibuktikan dengan datang langsung ke rumah pasien atau ke Rumah Sakit tempat dirawatnya.

“Setelah itu, memeriksa warga lebih kurang 20 rumah sekitar rumah pasien apakah ada mempunyai gejala yang sama dengan pasien serta memeriksa jentik-jentik nyamuk pada tempat penampungan air, dan apakah ada nyamuk Aides Aegepty sebagai sumber penular, ” ungkapnya.

Dijelaskan, kesimpulan hasil PE kalau tidak ada sumber dan tidak ada ditemui orang lain dengan gejala yang sama artinya ini disebut kasus impor atau tertular di tempat lain.

Untuk meminimalisir DBD ini, adalah dari masyarakat itu sendiri, sebagai upaya Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) yang lebih efektif, efisien dan tepat adalah dengan cara menguras, menutup, dan menimbun (3M) plus.

“Menguras tempat penampungan air, seperti bak mandi, sumur, lalu menutupnya, dan setelah itu mengubur barang-barang yang berpotensi air tergenang sebagai tempat jentik nyamuk berkembang, hal itu salah satu cara menimalisir terjangkit DBD,” ulasnya. (AMC07)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional