Peringati HKB 2019, BPBD Agam Berikan Pelatihan Kebencanaan Bagi Siswa SD

  • Bagikan

AMCNews.co.id– Sebagai kegiatan awal memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tahun 2019, Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, kembali melakukan sosialisasi dengan memberikan pendidikan dan pelatihan Simulasi Gempa bumi bagi siswa.

Setidaknya, 76 orang siswa dan guru SD Negeri 47 Parit Panjang Nagari Persiapan Lubuk Basung mendapatkan pelatihan, Rabu (23/1) di Lubuk Basung.

Kepala sekolah SD negeri 47 Parit Panjang Yasnimar,S.Pd., M.Pd, melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Agam, Yunaidi, memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Tim BPBD Agam yang telah memberikan pendidikan dan pelatihan.

“Baru pertama kali kami mendapat sosialisasi tentang kebencanaan sekaligus simulasi gempa bumi ini, semoga bisa mengaplikasikannya ketika terjadi bencana,” ujarnya.

Pihaknya akan juga mensosialisasikan simulasi gempa bumi kepada wali murid melalui siswa.

Terkait simulasi tersebut, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan (PK) Yunaidi, cukup bangga dan senang memberikan latihan simulasi gempa bumi terhadap sekolah.

“Kita harus selalu siap siaga, sesuai motonya #AwakSiap AwakSalamaik,” ujarnya.

Ia menilai, kesiapsiagaan diri sendiri itu penting. Bila terjadi bencana prosentase kesiapsiagaan diri sendiri mencapat 34.9% dan kesiapan keluarga 31,9%. Oleh sebab itu, menurutnya pembelajaran tentang kebencanaan perlu diberikan setiap sekolah.

Sejumlah sekolah tetap akan dilakukan latihan simulasi gempa dan bencana lainnya yang telah tercatat sering terjadi bencana lainnya.

“Hal ini menyikapi himbauan dan edaran Gubernur Sumbar tentang perlunya kesiapsiagaan dengan memperhatikan beberapa alat sarana dan prasarana kebencanaan,” pungkasnya. (AMC06)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *