Terima Bibit Gratis, Masyarakat: Kami Akan Laksanakan Pesan Bupati

  • Bagikan

AMCnews.co.id — Penyaluran bibit tanaman yang dilakukan Pemerintah Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, di kebun bibit Dusun Kurao, Selasa (15/1), disambut baik oleh masyarakat nagari itu.

Kenapa tidak, di samping bibit disalurkan secara gratis, juga dapat jadi penunjang peningkatan perekonomian dan mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Salah seorang masyarakat penerima bibit, Silva Wahyuni mengaku bersyukur mendapatkan bibit tanaman dari nagari, karena ini pertama baginya menerima bantuan bibit dari pemerintah.

“Bibit akan saya tanam dengan baik dan dirawat seperti yang dipesankan Bupati Agam saat penyerahan,” sebutnya.

Menurutnya, jika bibit ditanam dan terawat, tanaman dapat tumbuh subur dan berbuah sehingga nanti bisa dinikmati anak cucu kedepannya.

“Saat ini saya mendapat bibit 10 batang dari empat jenis tanaman yang tersedia di kebun bibit nagari yaitu, kelapa, pinang, pokat dan durian,” katanya.

Kedepan diharapkan nagari dapat menambah jenis dan jumlah tanaman, terutama buah-buahan karena ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk sumber gizi dan peningkatan ekonomi.

Hal yang sama juga diungkapkan Elvi Desrita, bahwasannya di Manggopoh saat ini tanaman yang banyak adalah kelapa sawit. Apalagi saat ini harganya murah tidak sebanding dengan biaya pengelolaannya.

Terkait Bupati Agam, Dr. Indra Catri Dt Malako Nan Putiah ajak masyarakat tanam kelapa, mendapat dukungan dari masyarakat karena di Manggopoh sudah banyak kelapa yang tua dan tidak berbuah.

“Adapun berbuah tapi kecil-kecil, sehingga harganya pun sangat murah hanya Rp. 200 per butir jika pembeli langsung ke kebun,” sebutnya.

Ia sangat mendukung program Agam Menyemai yang dikembangkan pemerintah nagari, karena dapat mengatasi kurangnya penghasilan masyarakat dari tanaman lain. (AMC05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *