Masyarakat di Agam Bangun Balai Pemuda dengan Tradisi “Bacacah Batu”

  • Bagikan

AMCNews.co.id — Masyarakat Jorong Padang Mardani Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, menggelar “bacacah batu” untuk pembangunan Balai Pemuda, Minggu (13/1) berlokasi di Dusun II Ujuang Tanah.

Walinagari Manggopoh, Ridwan, kepada AMCNews.co.id, Senin (14/1), mengatakan kegiatan bacacah batu ini adalah sebuah tradisi dalam pembangunan yang sering dilakukan oleh sebagian masyarakat nagari berbentuk gotong-royong demi tercapainya pembangunan.

“Baik itu membangun rumah pribadi/keluarga, balairung, balai pemuda, masjid dan bangunan lainnya,” terangnya.

Ia berharap, tradisi ini terus dilestarikan sehingga adat salingka nagari tidak dimakan masa seiring perkembangan zaman.

“Dengan terbangunnya Balai Pemuda ini, saya berharap semoga dapat menjadi sarana dan prasarana penunjang kegiatan kepemudaan, adat istiadat, dan kegiatan positif lainnya oleh masyarakat,” ujarnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Walinagari Manggopoh, Ridwan sekaligus meletakan batu pertama. Kemudian dihadiri oleh perangkat nagari, tokoh masyarakat, tuo kampung, ketua pemuda se-Jorong Padang Mardani, bundo kanduang dan masyarakat setempat khususnya. (AMC06)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *