Kamang Tangah Canangkan Kampung Tahfidz Al-Qur’an

  • Bagikan

AMCNews.co.id — Pemerintah Nagari persiapan Kamang Tangah, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, canangkan Kampung Tahfidz Al-Qur’an, guna upaya menggerakan program strategis Pemkab Agam yaitu Nagari Madani.

Pj Walinagari Kamang Tangah, Amdanir mengatakan, Kampung Tahfidz Al-Qur’an ini merupakan ide dan gagasan yang muncul melalui rapat masyarakat serta perantau Kamang Tangah yang berada di Medan.

“Program ini mendapat apresiasi dari masyarakat maupun perantau, sebagaimana Kamang Tangah tidak terlepas dari kebiasaan masyarakat untuk mendalami Al-Qur’an, ” ujarnya.

Sebelumnya, Kamang Tangah telah sukses dengan program magrib mengaji, subuh berjamaah, serta wajib berbusana muslimah, jadi saat program pembentukan kampung Qur’an digagas, langsung mendapat apresiasi masyarakat dan perantau, terbukti dengan sumbangan Al-Qur’an sebanyak 1065 mushaf dari perantau.

Dilain sisi, Ketua Bidang Pembinaan Usia Dini pada program tersebut, Marwan Kari Mangkuto mengatakan, konsep dari Kampung Tahfidz Al-Qur’an tersebut berupa mendekatkan dan membiasakan masyarakat baik gemar membaca, pengkajian sekaligus tahfidz dilingkungan setempat.

“Kampung Tahfidz Al-Qur’an ini juga merupakan bentuk upaya membentengi masyarakat, terutama generasi muda untuk tidak terpengaruh hal negatif, ” ulasnya.

Kegiatan dalam program ini diantaranya, pesantren kilat tahfidz selama 15 hari untuk memberdayakan potensi anak nagari sebagai ustadz, pembentukan halaqah tahfidz di kantor Walinagari, sekolahan, kaum, suku, serta rumah tangga sehingga lahirnya rumah-rumah tahfidz, dan sebagai tindak lanjut nantinya kegiatan itu akan dilakukan secara rutin. (AMC07)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *